Home / Populer / Pemerintah Diminta Awasi Ormas di Kota Kupang

Pemerintah Diminta Awasi Ormas di Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
Adrianus-TalliSekretaris Komisi I DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli.

 

MORAL-POLITIK.COM – Terkait banyaknya organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang meresahkan dan dapat mengganggu persatuan dan kesatuan masyarakat dan bangsa Indonesia secara menyeluruh, DPRD meminta pemerintah Kota Kupang melakukan pengawasan ketat terhadap ormas-ormas yang hadir di Kota Kupang.

Kepada moral-politik.com di Gedung DPRD Kota Kupang, Rabu (7/10/2015), Sekretaris Komisi I DPRD Kota Kupang Adrianus Talli mengatakan, keberadaan setiap ormas di suatu wilayah harus terdaftar dan diketahui oleh pemerintah setempat sehingga mendapatkan legitimasi barulah melakukan aktivitas dan kegiatan.

Ormas yang tidak memiliki izin dan keberadaannya meresahkan, dan mengancam persatuan dan kesatuan, harus ditertibkan keberadaannya. Sehingga, tak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat dan dapat mengganggu keamanan dan ketertiban serta kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Untuk itu pemerintah harus selalu melakukan pengawasan, pembinaan, dan penertiban terkait keberadaan ormas. Yang punya kewenangan melakukan penertiban adalah pemerintah melalui institusi yang berwajib,” katanya.

Ia juga mengimbau agar sesama ormas tak boleh bergerak sendiri dalam melakukan penertiban, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan persoalan baru. Kalaupun dilakukan, hendaknya ormas melakukan koordinasi dengan instansi teknis terkait. “Pemerintah juga harus terus sosialisasi kepada masyarakat untuk mewaspadai kehadiran ormas-ormas ilegal yang dapat meresahkan masyarakat,” pungkas Talli. **

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny
Baca Juga :  Kasus Politisi PDIP Emir Moeis di-vonis hari ini

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button