Home / Populer / Setuju Puskesmas Diganti BLUD, Tapi Perlu Study ke Bali

Setuju Puskesmas Diganti BLUD, Tapi Perlu Study ke Bali

Bagikan Halaman ini

Share Button
ratu-kajaLivingstone Ratu Kadja.

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, Livingstone Ratu Kadja mengatakan, komisi IV DPRD Kota Kupang sangat mendukung rencana Pemerintah Kota Kupang yang akan menjadikan Pusat Kesehatan Masyarakat,
(Puskesmas) sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).
.
Menurut Ratu Kadja, Puskesmas memang sebaiknya dijadikan BLUD sehingga pengelolaan keuangan yang berkaitan dengan pemenuhan layanan kesehatan, terutama pada pelayanan yang urgen, bisa diputuskan sendiri.

“Selama ini pelayanan di Puskesmas terkadang terkendala dan kurang berjalan secara maksimal, akibat pemenuhan kebutuhan jumlah petugas kesehatan maupun fasilitas kesehatan di Puskesmas masih tergantung pada pencairan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau APBD yang dibahas melalui sidang paripurna antara DPRD dan Pemerintah,” katanya kepada moral-politik.com, di Kota Kupang, Jumat (9/10/2015).

Oleh karena itu dirinya mengaku, dengan Puskesmas dijadikan BLUD maka kebutuhan pelayanan kesehatan di Puskesmas akan semakin baik, karena kebutuhan urgen seperti penambahan petugas, pemenuhan kelengkapan fasilitas kesehatan, termasuk ketersediaan obat bagi pasien sudah bisa dilakukan sendiri, tanpa menunggu cairnya dana APBD.

Dikatakan, sebelum Pemerintah launching Puskesmas menjadi BLUD, Komisi IV DPRD Kota Kupang akan melakukan studi banding ke Provinsi Bali, untuk melihat secara langsung perbandingan antara perkembangan pelayanan Puskesmas ketika sudah menjadi BLUD.

Terkait tanggapan masyarakat maupun Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM yang meragukan Puskesmas dijadikan BLUD akan lebih mengutamakan bisnis dibandingkan pelayanan, Kadja mengatakan, hal tersebut tidak akan terjadi karena pada dasarnya pengalihan ke BLUD hanya bertujuan agar pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah. Selain itu , khususnya Komisi Empat juga akan terus melakukan pengawasan secara baik terhadap Puskesmas ketika sudah dijadikan BLUD, agar pelayanan kepada masyarakat tetap dilakukan secara benar dan tetap berjalan secara baik. **

Baca Juga :  Sekda DKI Saefullah tanggapi tudingan Gubernur Ahok...
Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button