Home / Populer / Tato Tirang: Penempatan TKI NTT di Luar Negeri 1.952 Orang

Tato Tirang: Penempatan TKI NTT di Luar Negeri 1.952 Orang

Bagikan Halaman ini

Share Button

tato-tirang

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang bekerja di berbagai negara tujuan hingga September 2015 mencapai 1.952 orang. Jumlah tersebut berdasarkan data dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Kupang.

Kepala BP3TKI Kupang, Tato Tirang mengatakan, jumlah TKI/TKW sesuai data, berasal dari 22 Kabupaten/Kota se Provinsi NTT. Dari data penempatan tersebut, TKI/TKW yang ditempatkan bekerja di luar negeri paling banyak berasal dari Kabupaten Sumba Barat Daya dengan jumlah sebanyak 486 orang. Urutan kedua Kabupaten Kupang sebanyak 354 orang, Kota Kupang sebanyak 282 orang, peringkat ke tiga Kabupaten Belu sebanyak 267 orang, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak 231 orang.

“Sedangkan kabupaten lain yakni TTU, Malaka, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka,Flores Timur, Lembata dan Alor kecil sekali,” kata dia kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Senin (12/10/2015).

Menurutnya, dari data penempatan ini merupakan tenaga kerja yang dikirim keluar negeri secara resmi.

Ia mengaku, selain mendata TKI/TKW, pihaknya juga bekerja keras dalam pencegahan keberangkatan TKI/TKW secara ilegal.

“Dalam pencegahannya, kami telah bekerja dengan pihak Angkatan Laut, Angkasa Pura, dan Dinas Nakertrans NTT. Melalui kerjasama ini, hingga 2015 sudah 800 pengiriman tenaga kerja yang berhasil digagalkan keberangkatan secara ilegal di bandara. TKI yang digagalkan pengirimannya berasal dari Kabupaten TTS, Belu dan Kabupaten Kupang,” pungkasnya. **

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny
Baca Juga :  Mengapa Komjen Suhardi Alius dan 21 penyidik KPK dibidik Polisi?

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button