bantahPresiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Presiden Amerika Serikat Barrack Obama saat mengunjungi Gedung Putih, Senin (26/10/2015)

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta membantah kabar yang menyebut adanya perusahaan yang melobi pertemuan Presiden AS Barack Obama dengan Presiden Joko Widodo.

Bantahan ini diucapkan Dubes Robert Orris Blake melalui akun Twitter Kedubes AS, @usembassyjkt, Sabtu (7/11/2015).

“Ada laporan tentang perusahaan melobi yg mengatur perjalanan Presiden @jokowi ke AS. Laporan itu tidak benar. – #DuBesBlake,” demikian pernyataan @usembbasyjkt.

Tweet itu juga di-retweet oleh akun Kementerian Luar Negeri RI, @Portal_Kemlu_RI, Minggu (8/11/2015).

Dalam akun itu, Robert Blake juga menjelaskan mengenai peran pejabat Indonesia dalam pertemuan Jokowi-Obama.

“Menko Pandjaitan & #MenluRetno yg memimpin Indonesia bekerja sama dg @usembassyjkt @statedept dan @whitehouse. – #DuBesBlake.”

Kemarin, Menlu Retno LP Marsudi menjelaskan bahwa pertemuan Jokowi dengan Obama dilakukan setelah mendapat undangan resmi.

Retno mengatakan, surat tersebut dikirimkan Obama tanggal 16 Maret 2015, jauh sebelum kunjungan dilakukan. (Baca: Menlu: Presiden Obama yang Undang Presiden Jokowi Untuk ke Gedung Putih)

“Presiden Obama melalui suratnya tanggal 16 Maret 2015 telah secara resmi menulis surat kepada Presiden Joko Widodo dan mengundang secara resmi untuk berkunjung ke Amerika Serikat,” ujar Retno dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (7/11/2015).

Adapun, isi surat yang ditulis Obama kepada Jokowi sebagai berikut:

“I’m very pleased to invite you to the White House in 2015. And I’m confident your visit will provide and important perhaps even a historic opportunity to straighten US- Indonesia comprehensive partnership.”

Artinya, “Saya mengundang Anda untuk ke Gedung Putih pada tahun 2015. Dan saya yakin kunjungan Anda akan berguna, bahkan mungkin kesempatan bersejarah untuk menguatkan kemitraan AS-Indonesia secara komperhensif”.

 

Editor    : Bayu Galih/Erny
Sumber : Twitter Kedubes AS di Jakarta | @usembassyjkt/Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 72 = 81