jsWali Kota Kupang Jonas Salean.

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pasca pengalihan provider dari yang menangani jaringan internet untuk keperluan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang menyebabkan pencetakan e-KTP tidak bisa dilakukan dalam beberapa pekan terakhir, namun terhitung sejak 3 November 2015 lalu, pencetakan E-KTP kembali bisa dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang.

Wali Kota Kupang Jonas Salean melalui Kepala Dinas Dispendukcapil Kota Kupang, David Mangi kepada moral-politik.com di Kupang, Kamis (12/11/2015) mengatakan, sebelumnya pencetakan e-KTP belum bisa dilakukan karena pihak kementerian mengalihkan provider yang menangani masalah internet dari PT, Indosat ke Telkomsel. Dalam proses peralihan itu, pihak Dispendukcapil diseluruh indonesia tidak bisa menerbitkan e-KTP selama dua minggu lebih. Namun sejak pekan lalu, khusus di Kota Kupang peencetakan dan penerbitan e-KTP sudah bisa dilakukan kembali.

Ia mengaku, untuk penanganan pencentakan dan penerbitan e-KTP, pihaknya sudah bisa menanganinya sendiri, tapi untuk sumber daya yang ada masih mengalami kekurangan sehingga tenaga operator yang ada harus bekerja ekstra untuk melayani pengurusan KTP dari masyarakat.

“Jumlah tenaga operator hanya 12 orang sehingga terasa sangat kurang untuk melayani penduduk Kota Kupang yang berjumlah 500 ribu lebih penduduk. Idealnya dispendukcapil membutuhkan 20 orang tenaga operator untuk menangani pencetakan dan penerbitan e-KTP,” Katanya.

Meskipun sedikit mengalami kekurangan tenaga operator, Kata Mangi, pihaknya masih sanggup melayani permintaan warga. Pencetakan dan penerbitan e-KTP masih bisa normal meskipun harus bekerja ekstra. Kalaupun ada halangan itu bukan karena masalah sumber daya yang ada, tapi karena pengaruh jaringan internet yang sering lelet. kendala pencetakan penerbitan e-KTP selama ini karena disebabkan gangguan jaringan internet, sedangkan untuk sumber daya, tidak ada masalah sama sekali.

“Kemarin (kamis red) pencetakan e-KTP tidak bisa dilakukan karena jaringan internet terganggu. Tapi kalau jaringan internet tidak bermasalah maka pencetakan berjalan terus tanpa ada halangan. Kalau dulu lambatnya pencetakan KTP karena masalah sumber daya, sekarang jaringan internet yang menjadi penyebab utama,” kata Mangi. **

 

Penulis: Nyongki
Editor : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 26 = 32