sukuPresiden Joko Widodo berbincang dengan tokoh suku Anak Dalam di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Jumat (30/10/2015). Dalam pertemuan itu, Presiden menawarkan untuk merelokasi ke rumah yang layak. Jokowi merupakan presiden pertama yang mengunjungi suku Anak Dalam di Jambi. Inset: Presiden Joko Widodo berdialog dengan warga di rumah singgah Suku Anak Dalam yang diabadikan oleh Tim Komunikasi Presiden.

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Sekretaris Kabinet Pramono Anung menilai bahwa tudingan yang menyebutkan Presiden Joko Widodo merekayasa pertemuan dengan warga Suku Anak Dalam di Jambi pada pekan lalu adalah upaya pembunuhan karakter.

“Presiden secara sungguh-sungguh ingin mengangkat persoalan Suku Anak Dalam tanpa pretensi apa-apa, dan kemudian dilakukan semacam character assassination kepada Presiden,” ujar Pramono di Kantor Presiden, Senin (2/11/2015).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu mengatakan bahwa Jokowi selama ini memang lebih memfokuskan masyarakat yang betul-betul memerlukan perhatian pemerintah. Hal itulah yang mendorong Jokowi untuk menemui warga Suku Anak Dalam.

Pramono mengatakan bahwa dua foto yang menunjukkan Suku Anak Dalam yang berpakaian seadanya dan yang berpakaian lengkap adalah dua kelompok berbeda.

Pramono membantah bahwa mereka sedang melakukan briefing bersama Jokowi, sebagaimana diinformasikan di media sosial.

“Teman-teman media juga sama-sama hadir pada waktu itu, di lapangan, sama sekali tidak ada rekayasa foto atau apa pun, dan itu bukan karakter presiden kita. Presiden ini apa adanya,” kata dia.

Meski demikian, Pramono menegaskan bahwa hal itu tidak akan dilaporkan ke polisi.

Foto pertemuan Jokowi dan warga Suku Anak Dalam itu menjadi bahan perbincangan di media sosial.

Foto yang diunggah di medsos menunjukkan dua peristiwa ketika Jokowi melakukan perbincangan dengan warga.

Salah satu foto menunjukkan Jokowi berdialog dengan warga di rumah singgah Suku Anak Dalam. Warga mengenakan pakaian lengkap dan tertutup.

Adapun foto lainnya menunjukkan Jokowi berbincang dengan warga yang mengenakan penutup seadanya.

Perbandingan kedua foto itu seolah menunjukkan Jokowi berbincang dengan orang yang sama. **

Penulis  : Sabrina Asril
Editor     : Laksono Hari Wiwoho/Erny
Sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

71 + = 76