ktJonas Salean dan Hermanus Man.

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pembangunan sekolah baru di sejumlah kelurahan yang belum memiliki sekolah baru di Kota Kupang terkendala pada ketersediaan lokasi.

Wali Kota Kupang Jonas Salean dalam tanggapan pemerintah terhadap pemandangan umum anggota lewat Fraksi-fraksi DPRD Kota Kupang mengatakan, harapan Fraksi Dewan melalui tanggapan umum terlebih khusus dari Fraksi Hanura berkeinginan untuk membangun sekolah pada kelurahan di Kota Kupang sejauh ini belum dapat dilayani. Pemerintah terkendala persoalan ketersedian lahan untuk lokasi sekolah.

“Perlu dibangun sekolah baru sesuai standar pelayanan minimal (SPM) pada kelurahan yang belum ada prasarana pendidikan khusus jenjang pendidikan sekolah dasar (SD/SMP) untuk menampung anak usia 7-12 tahun, tetapi selalu mengalami kendala teruatama ketersedaian lokasi,” kata Jonas Salean, Jumat (27/11/2015).

Sebagai contoh, kata Jonas, pemerintah sudah siap untuk membangun SMP Negeri 21 di Kelurahan Tuak Daun Merah berdasarkan usulan masyarakat, namun ketika dilakukan survei ternyata lokasi yang disiapkan bermasalah. “Bila Pemkot berencana membangun sekolah baru, namun jika lokasi yang disiapkan bermasalah, maka rencana tersebut tidak dapat direalisasi,” ujarnya.

Selain karena terkendala pada lahan, pemerintah hanya bisa memaksimalkan sekolah yang sudah ada, dengan membangun ruang kelas baru guna meningkatkan daya tampung siswa pada saat penerimaan siswa baru agar setiap ruangan tidak melebihi kuota. Salean menambahkan, masyarakat yang ingin menyekolahkan anak saat penerimaan siswa baru juga menjadi kendala tersendiri. Sehingga, jumlah ruang kelas mesti ditambah melalui dana alokasi khusus (DAK). Sementara itu, pada tahun 2016 sesuai rencana sekolah menengah atas (SMA) akan diambiil alih oleh Pemerintah Provinsi untuk mengelolanya. Maka, Pemkot hanya mengelola jenjang pendidikan SD dan SMP maka pastinya pemerintah akan meningkatkan prasarana sehingga jumlah siswa pada tiap ruang kelas secara maksimal. **

Penulis: Nyongki
Editor   : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 7 =