tokanKetua Komisi III DPRD Kota Kupang Kamilus G. Tokan. (Foto: Ist)

 
MORAL-POLITIK.COM – Komisi III DPRD Kota Kupang meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kupang segera membangun koordinasi dengan Badan Layanan Umum Daerah – Sistem Penyediaan Air Minum ( BLUD SPAM) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk menjaga kebersihan reservoir, khususnya pada reservoir yang dimanfaatkan oleh PDAM Kota Kupang untuk melayani kebutuhan air bersih bagi pelanggan di Kota Kupang.

“Selama ini reservoir-reservoir yang ada di wilayah Kota Kupang keadaan fisiknya terlihat sangat buruk dan tidak terurus, yakni terlihat kotor dan kumuh. Sehingga dikhawatirkan, kualitas air bersih yang tertampung didalam reservoir akan lebih buruk keadaannya karena berada di dalam bak yang tertutup. Selain itu, kualitas air yang buruk juga dapat dipicu akibat sirkulasi air yang tidak lancar, karena penyaluran air bersih bagi pelanggan selama ini juga tidak berjalan setiap hari,” ujar Ketua Komisi III, Kamilus G. Tokan kepada moral-politik.com di Gedung DPRD Kota Kupang, Jumat (13/11) siang.

Reservoir-reservoir yang dinilai kotor dan kumuh tersebut, tambah dia, antara lain terdapat di Kelurahan Alak, Taman Nostalgia, Jl. Thamrin dan dibeberapa tempat lainnya.

Akibat tidak terurusnya reservoir secara baik, menurut Tokan, dapat membawa dampak buruk bagi pelanggan PDAM Kota Kupang, yakni mendapat pelayanan air yang tidak hiegenis dan kotor, serta telah terinveksi oleh bakteri dan kuman penyakit.

Oleh karena itu dirinya berharap, PDAM Kota Kupang sebagai pengelola air bersih di Kota Kupang bisa lakukan koordinasi dengan pihak BLUD SPAM Provinsi NTT, untuk membuat jadwal perawatan serta pembersihan reservoir-reservoir yang ada di wilayah Kota Kupang secara rutin. Hal itu bertujuan agar pelayanan air bersih di Kota Kupang dapat berjalan semakin meningkat dan baik.

Selain reservoir, Tokan juga menyoroti tentang pelayanan air bersih di Kota Kupang, yang sampai saat ini dinilai belum bisa dinikmati secara menyeluruh oleh masyarakat.

Menurutnya, Kota Kupang saat ini, bagian bawah tanahnya sudah seperti museum pipa, karena sering digali dan ditanam pipa air minum, baik dari BLUD SPAM Provinsi NTT, PDAM Kota Kupang, bahkan PDAM Kabupaten Kupang. Namun, sampai saat ini warga Kota Kupang belum sepenuhnya mendapat pelayanan air bersih secara baik. **

Penulis: Nyongki
Editor : Erny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 19 = 29