kadis-pu-nttKepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur, Andre W. Koreh. (Semar)

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Nyaris seratus persen warga Kota Kupang mengimpikan kota kesayangannya ini kemajuannya setara dengan kota-kota lain di Indonesia, semisal 10 kota berikut ini: Bogor, Ambon, Mataram, Bukit Tinggi, Denpasar, Jakarta, Manado, Jayapura, Yogyakarta, dan Padang.

Wajar-wajar saja, sebab 10 kota tersebut telah dinobatkan sebagai 10 kota terindah di Indonesia sebagaimana dilansir vevnews.blogspot.co.id. Namun sayangnya, pemberian anugerah sebagai Kota Terindah bukan segala-galanya, karena selain itu masih ada kategori lainnya yang dibeberkan oleh Kompas.

Melansir korantransaksi.com, 5 September 2015, bahwa Kota Depok terpilih sebagai salah satu Kota Cerdas Indonesia 2015 untuk katagori Kota berpenduduk di atas 1 juta jiwa, menempati urutan keempat setelah Surabaya, Tanggerang, Bandung dan Semarang. Penganugrahan sebagai Kota Cerdas Indonesia 2015 itu berlangsung pada Kamis (13/8/2015) di Hotel Shangri-La, Jakarta, dihadiri Wakil Presiden RI, M.Yusuf Kalla. Piagam penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Muhamad Fitriawan mewakili walikota Depok Nur mahmudi Ismail.

Pemilihan Kota Cerdas Indonesia 2015 dilaksanakan Harian Kompas bekerja sama dengan Institut Technologi Bandung (ITB). Anugrah Kota Cerdas 2015 juga diberikan pada katagori kota berpenduduk 200.000 jiwa hingga 1 juta jiwa. Juara pertama disabet oleh Kota Yogyakarta, kedua Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Ketiga Kota Surakarta, Jawa Tengah, keempat Kota Pontianak, Kalimantan Barat dan Kelima Kota Malang, Jawa Timur.

Untuk  Anugrah Kota Cerdas 2015 katagori kota berpenduduk hingga 200.000 jiwa, juara pertama diraih oleh Kota Magelang, Jawa Tengah, juara kedua Kota Madiun, Jawa Timur, juara ketiga Kota Bontang, Kalimantan Timur, juara keempat Kota Mojokerto, Jawa Timur dan kelima  Kota Salatiga, Jawa Tengah. Selain berdasarkan jumlah penduduk, Anugrah Kota Cerdas 2015 juga diberkan pada 3 katagori lain, yaitu katagori ekonomi, Sosial dan Lingkungan Hidup. Penghargaan untuk katagori ekonomi diberikan pada Kota Magelang, Jawa Tengah, sedangkan katagori sosial diberikan pada Kota Madiun, Jawa Timur, dan Katagori lingkungan hidup diberikan pada Kota Surabaya.

Pertanyaan bagi masyarakat Kota Kupang, apakah mengimpikan kota terindah atau kota cerdas? Sebab–jika inginkan kota terindah, Kota Kupang baru memasuki tahapan konseptual, yang digagas oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Fran Lebu Raya (FLR) melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT, Andre W. Koreh. Jika melihat dari pengalaman kota-kota yang telah meraih gelar tersebut, butuh waktu sekitar 20 tahun untuk bekerja keras, jujur dan terbuka. Itu berarti, jika untuk Kota Kupang dimulai pada tahun 2015 ini, maka hasilnya baru bisa dipetik pada tahun 2035 mendatang.

Jika menginginkan kota cerdas, diperkirakan sekitar 30 tahun lagi baru kita bisa masuk katagori bersaing dengan 10 kota yang telah dinobatkan oleh Kompas. Memang ini tidak mudah bagi warga Kota Kupang karena harus memulai dari merubah cara berpikir dan kebiasaan hidupnya sehari-hari.

Taruhlah kita warga Kota Kupang ingin meraih dua predikat tersebut secara serentak, itu berarti apa yang dilakukan oleh Gubernur FLR melalui Andre W. Koreh belakangan ini, harus didukung sekuat tenaga (with all one’s might).

Apa yang dilakukan mereka? Pada kesempatan bincang-bincang dengan Andre W. Koreh di ruang kerjanya sebulan yang lalu, dirinya melempar gagasan ingin merubah cara pandang (perspective) aparatur pemerintah di Kota Kupang melalui perubahan cara pelayanannya kepada masyarakat.

Dalam kerangka itu, Andre menggagas semangat baru (new spirit) yaitu dengan menjadikan Kota Kupang sebagai Kota Flamboyan (Kupang City as a City Flamboyan).

Flamboyan yang dimaksudkannya bukan sekedar menanam banyak Pohon Flamboyan di Ibukota Provinsi NTT ini, tapi flamboyan juga pada pelayanan kepada masyarakat, tutur kata yang manis, senyum yang ramah, dan berpenampilan menarik. (bersambung)

 

Penulis: Vincent

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 5 =