pu-7Gubernur Provinsi NTT, Frans Lebu Raya (hem putih), Asisten I Yohana Lisapaly, Kadis PU NTT, Andre W. Koreh. (Dok.PU NTT)

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Andre Koreh mengatakan, pada tahun anggaran 2016 mendatang Pemprov NTT akan mulai dengan pengadaan anakan Pohon Flamboyan. Anakan-anakan tersebut akan ditanam di semua ruas jalan yang ada di Kota Kupang.

Selain itu, ketua salah satu cabang olahraga di KONI NTT ini menjelaskan, anakan Pohon Flamboyan juga akan dibagi-bagikan secara gratis kepada warga Kota Kupang untuk ditanam di pekarangan rumahnya masing-masing.

tulipWisata Tulip di Belanda

Pak Gubernur berharap, ujar Andre, warga Kota Kupang yang mendapat anakan Pohon Flamboyan dapat menanam dan memeliharanya dengan baik. Sebab Pohon Flamboyan akan dijadikan sebagai salah satu obyek dan daya tarik wisata (ODTW) menarik di NTT, khususnya di Kota Kupang.

“Kami berharap wisatawan mancanegara yang datang ke Kota Kupang akan menginap lebih lama lagi, setelah itu jangan pulang dulu ke negaranya, tapi perlu melihat semua kekayaan alam dan budaya NTT yang tiada duanya di dunia ini,” kata Gubernur NTT, sebagaimana dikutip Andre Koreh.

mawar di koreaWisata Mawar di Korea.

Andre berujar, jika di Jepang ada Wisata Bunga Sakura, di Belanda ada Bunga Tulip, di Bulgaria dan Korea ada Bunga Mawar, mengapa di NTT tak dibuat Wisata Bunga Flamboyan? “Tak ada yang tak bisa jika ada kemauan baik untuk menjadikan Kota Kupang sebagai daerah tujuan wisata Bunga Flamboyan,” tukasnya.

Kendati demikian, Andre inginkan keterlibatan aktif dari Pemkot Kupang mulai dari penyediaan lokasi yang tampan, air untuk menyiramnya untuk waktu tiga bulan pertama, dan mendorong semangat dari warga Kota Kupang untuk menanam sekaligus memeliharanya.

flamboyan-9Pohon Flamboyan di tengah jalan di Kota Kupang, Selasa (10/11/2015). (Foto: Erny)

“Pak Wali Kota Kupang perlu turun langsung ke RT, RT untuk memotivasi warga masyarakatnya untuk mencintai Pohon Flamboyan,” tukas Andre.

Andre juga menuturkan bahwa sebagai pertanda dimulainya semangat untuk menjadikan Kota Kupang sebagai Kota Flamboyan, pada tahun anggaran 2016 mendatang akan diadakan acara peluncurannya.

“Pak Gubernur akan meluncurkan kegiatan atau program Pemprov NTT tersebut. Waktu, tempat dan model acaranya akan kami siapkan agar benar-benar menjadi sebuah gerakan warga Kota Kupang. Syukur jika warga di kabupaten lainnya juga tertular dengan semangat warga Kota Kupang ini,” kata dia. (bersambung)

 

Penulis: Vincent (Novelis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 42 = 51