Home / Populer / Aprila: Wali Kota dan Gubernur NTT Jangan Terlalu Fokus ke Bendungan Kolhua

Aprila: Wali Kota dan Gubernur NTT Jangan Terlalu Fokus ke Bendungan Kolhua

Aprila M. (Foto: Nyongki)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM – Menyusul krisis air bersih yang tengah melanda Kota Kupang saat ini, sudah saatnya bagi pemerintah Kota Kupang untuk memikirkan lokasi baru guna membangun bendungan baru daripada terus mengharapkan pembangunan bendungan di Kolhua, namun pemilik lahan menolak melepas lahan mereka untuk dibangun bendungan.

Aprilia M, salah satu warga Kota Kupang kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Selasa (5/1/2016) meminta Pemerintah Kota maupun Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) agar jangan terlalu banyak berharap pembangunan bendungan di Kolhua karena hanya membuang energi, dan warga Kolhua sudah pasti menolaknya. Yang perlu dipikirkan pemerintah adalah bagaimana mencari lokasi baru untuk dibangun bendungan baru agar bisa dimanfaatkan sebagai penampung air untuk kebutuhan warganya sendiri.

Menurutnya, ada beberapa lahan yang bisa dimanfaatkan untuk dibangun bendungan seperti di Kali Dendeng, Kali Liliba dan Naioni. Ketiga tempat tersebut bisa dimanfaatkan pemerintah untuk membangun bendungan agar bisa menampung air demi kebutuhan masyarakat, apalagi kondisi curah hujan yang sangat rendah dan tidak ada lagi bendungan untuk membendung air agar tidak terbuang percuma.

“Kebutuhan pembangunan bendungan tentunya menjadi solusi pada saat surplus air. Tujuannya, untuk menampung air dengan bangunan air. Manfaatnya akan menaikan muka air tanah di hilir, dimana secara kapiler air-air yang ditampung di atas waduk secara alami akan menuju ke sumur-sumur dan muka air tanah akan naik,” pungkas dia sembari tersenyum. **

Penulis: Nyongki
Baca Juga :  Masinton Pasaribu: KPK Nilai Sumber Waras Tak Bermasalah, BPK Patut Dievaluasi

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button