MORAL-POLITIK.COM – Terkait dengan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang akan menggelar mutasi pejabat eselon II di lingkup Pemkot Kupang pada Jumat (15/1/2016) mendatang, Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang Zeyto Ratuarat mengatakan, mutasi pejabat di lingkup Pemkot Kupang merupakan kewenangan Wali Kota.

Hanya saja, tambahnya, diharapkan agar dalam pelaksanaannya, Wali Kota dapat memilih pejabat yang berkompeten dalam melaksanakan tugas dan fumgsinya sebagai kepala dinas dan badan dengan baik.

Zeyto mengatakan, dalam mutasi, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, seperti kapasitas yang dimiliki, punya kemauan baik untuk melayani, dan yang tak kalah pentinganya adalah sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki calon pejabat tersebut, serta mempunyai tanggung jawab dan mampu mengayomi seluruh bawahannya.

Selain itu, tambahnya, pejabat yang ditunjuk harus bekerja sama dengan kepala daerah dalam hal ini Wali Kota agar semua program yang direncanakan maupun yang sudah berjalan, dapat terealisir dengan baik. Karena, pejabat yang ditunjuk bisa bekerja sama dalam menuntaskan segala program dari kepala daerah.

“Kepala dinas dan badan itu ibarat mata, kaki, dan telinga Wali Kota. Jadi saya berharap Wali Kota akan lebih tahu dalam menetapkan pejabat untuk menduduki jabatan yang ditunjuk,” katanya. **

Penulis: Nyongki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 4 = 4