Home / News NTT / Kisah Pemilihan Ketua RT dan RW Wilayah Kelapa Lima, Kota Kupang

Kisah Pemilihan Ketua RT dan RW Wilayah Kelapa Lima, Kota Kupang

Foto: Nyongki

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Menyusul masa jabatan yang hampir habis dari seluruh Ketua RT dan RW di Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa lima, Kota Kupang maka pada hari ini, Sabtu (30/1/2016) secara serentak dilakukan pemilihan Ketua RT sebanyak 38 dan 17 RW di kelurahan tersebut.

“Sesuai Surat Keputusan (SK) Ketua RT dan RW sebelumnya telah habis masa jabatanya pada 28 Maret 2015, sehingga perlu dilakukan pemilihan kembali,” kata Lurah Kelapa Lima, Marselina Nahak kepada wartawan saat menghadiri pelaksanaan pemilihan Ketua RT 27, RT 28 dan Ketua RW 12, Sabtu (30/1/2016).

Menurut Marselina, pemilihan yang berlangsung hari ini merupakan akhir dari sejumlah rangkaian pemilihan ketua RT dan RW di Kelurahan Kelapa Lima. Sebelumnya pemilihan sudah dilakukan selama beberapa hari lalu, dan hari ini merupakan hari terakhir pemilihan Ketua RT dan RW diseluruh wilayah kelurahan Kelapa Lima.

“Pemilihan Ketua RT dan Ketua RW yang dilakukan hari ini merupakan langkah persiapan dari sekarang, karena batas akhir untuk memasukan nama Ketua RT, dan RW terpilih kepada pemerintah batasnya tanggal 10 Februari 2016. Kelurahan butuh verifikasi serta menyiapkan SK. Untuk pelantikan Ketua RT, diharapkan sebelum akhir Maret 2016 semua Ketua RT dan RW di Kelurahan Kelapa Lima sudah bisa dilantik,” ujarnya.

Marselina mengaku, dalam pemilihan Ketua RT dan Ketua RW baru ini, ada beberapa Ketua RT sebelumnya kembali terpilih, sebab semua melalui proses demokrasi sesuai aturan dan mekanisme dipilih langsung oleh masyarakat. Diharapkan Ketua RT yang terpilih sebagai mitra kerja dengan kelurahan dapat bergandeng tangan bersama untuk meberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.

“Mereka yang terpilih sebagai Ketua RT baru merupakan figure yang diharapkan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak lagi mengeluh kinerja para RT dan RW yang buruk. Apalagi banyak program Pemerintah Kota yang butuh kinerja handal dari seorang RT maupun RW,” katanya.

Baca Juga :  Ketika Walikota Jeriko kukuhkan Satgas Saber Pungli

Berdasarkan pantauan media ini di lokasi pemilihan Ketua RT 27 dan 28, serta Ketua RW 12, Darius Nenotek terpilih menjadi Ketua RT 27. Sedangkan untuk Ketua RT 28,yang terpilih menjadi Ketua RT baru adalah Henderikus Witak. Sementara untuk tingkatan RW, yang terpilih Ketua RW 12 adalah Julius Lun.

Selama proses pemungutan suara pemilihan Ketua RT dan RW yang berlangsung pada satu titik, suasana pemilihan berjalan dengan aman dan damai. Pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00 WITA dan langsung dilakukan penghitungan suara. **

Penulis: Nyongki

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button