Home / News NTT / Lembaga ‘Finance’ Terbanyak ‘Order’ KTP Palsu untuk Kredit Motor

Lembaga ‘Finance’ Terbanyak ‘Order’ KTP Palsu untuk Kredit Motor

Aparat Polisi sedang memeriksa kasus KTP Palsu. (Foto: Semar Dju)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM – Hendy Kurnia Yuda mengaku sudah ribuan KTP palsu yang dibuatnya. Ia mengaku mematok harga berkisar Rp 10.000 untuk KTP hitam putih, dan Rp 20.000 untuk berwarna.

“Biasanya yang datang kepada saya untuk minta dibuatkan KTP palsu adalah perorangan tidak mewakili lembaga atau institusi tertentu. Saya tidak pernah bekerja sama dengan lurah atau perusahan PJTKI untuk membuat KTP palsu dalam jumlah banyak,” ujar Hendy kepada moral-politik.com, di Mapolres Kupang Kota, Sabtu (9/1/2016).

Diuraikan Hendry, awalnya hanya iseng-iseng membantu teman yang membutuhkan KTP cepat. Namun lama kelamaan semakin banyak yang datang padanya untuk dimintai membuat KTP palsu.

Bahkan, katanya, beberapa lembaga Finance juga menggunakan jasanya untuk mencetak KTP palsu konsumen yang hendak mengambil sepeda motor.

“Orang yang sudah pernah pake jasa saya cerita dari mulut ke mulut sehingga semakin banyak yang datang. ya setiap hari ada saja yang datang buat KTP Palsu,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kupang kota, AKBP Budi Hermawan ketika dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim Polres Kupang Kota, AKP Didik Purwanto, mengatakan sampai saat ini tidak ditemukan keterlibatan lurah dalam kasus KTP palsu ini. Ia menambahkan, saat ini fokus mengejar para pengguna KTP palsu.

“Dari komputer pelaku, ditemukan ratusan foto dan nama orang-orang menggunakan jasa pelaku. Namun tidak ada alamatnya sehingga kita kesulitan untuk melancaknya,” ungkap Didik.

Lanjut Didik, dalam melaksanakan aksinya, tersangka hanya bermodal program foto shop. Tidak sampai 10 menit KTP palsu sudah bisa diambil.

“Pelaku ini memang mahir menggunakan program photo shop sehingga dalam waktu singkat KTP palsu sudah bisa langsung diambil. Sedangkan, tersangka mengaku sudah ribuan orang yang menggunakan jasanya baik dari Kota Kupang maupun luar Kota Kupang,” ujar ayah tiga orang anak ini. **

Baca Juga :  Jonas Salean pastikan 10 ribu pendukung semarakkan deklarasi Paket Sahabat
Penulis: Semar Dju

 

 

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button