Home / News NTT / Mantan Anggota Polri ini Didakwa Pasal Berlapis, Mengapa…?

Mantan Anggota Polri ini Didakwa Pasal Berlapis, Mengapa…?

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM – Terdakwa Yulius Lakusa yang juga mantan anggota Polri itu akhirnya dimejahijaukan setelah ditahan aparat Polres Kupang Kota pada 21 Sepetember 2015 lalu, karena nekad melakukan pemerasan terhadap salah seorang pedagang buah, Yacob Bessi di bilangan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima. Oleh JPU Kejari Kupang, terdakwa Yulius Lakusa didakwa dua pasal sekaligus yakni pasal 365 KUHP dan 362 KUHP.

Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan bagi terdakwa Yulius Lakusa digelar di Pengadilan Negeri Klas 1A Kupang, bertempat di Jln. Palapa, Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (20/1/2016) sekira pukul 11.00 WITA.

Jalannya sidang tersebut dipimpin hakim ketua Anak Agung Made Aripatih Nawaksarah, didampingi dua hakim anggota David Sitorus dan Mohammad Soleh. Terdakwa Yulius Lakusa hadir di persidangan tanpa didampingi penasihat hukum.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kupang Kadek Widia Antari dalam dakwaan kepada terdakwa Yulius Lakusa menegaskan, perbuatan terdakwa melakukan pemerasan dilakukan pada Senin (21/9/2015) yang lalu, bertempat di depan RM Tanjung, di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Tindak pidana yang dilakukan oknum terdakwa Yulius Lakusa yakni dengan mengambil barang berupa uang milik korban, Yacob Bessi secara paksa dengan cara menodongkan pistol mainan.

Sebelum mengambil paksa uang milik korban, Yacob Bessi sebesar Rp 1 juta, terdakwa Yulius Lakusa pergi ke tempat jualan buah korban Yakob Bessi. Setelah tiba di tempat korban, terdakwa lalu meminta uang sebesar Rp 50 ribu untuk membeli minuman keras (miras) dan antara terdakwa dan korban sama- sama minum.

Usai minum miras, lanjut Kadek, terdakwa kembali meminta uang ke korban Yacob Bessi sebesar Rp 100 ribu untuk keperluan beli miras. Saat itu, korban mengaku tak punya uang. Terdakwa yang sudah mabuk, lalu menuju sepeda motor yang dibawa lalu mengambil pistol mainan. Pistol mainan itu lalu ditodongkan ke korban.

Baca Juga :  Walikota Jefri batalkan kontrak Lahan Eks Teluk Kupang

Selanjutnya, terdakwa Yulius Lakusa lalu merampas dompet korban Yacob Bessi lalu mengambil uang senilai Rp 1 juta. Akibat perbuatanterdakwa, tegas JPU Kejari Kupang, maka terdakwa diancam pasal 365 KUHP dan pasal 362 KUHP.

Usai membacakan dakwaan, Mejelis Hakim mengagendakan sidang lanjutan pada 27 Januari mendatang dengan agenda pemeriksaan saksi. **

Penulis: Semar Dju

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button