Home / Populer / Mengenal Alexa Rank Sebuah Situs

Mengenal Alexa Rank Sebuah Situs

Foto: cdn.bisnisukm.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM – Alexa Global Rank kompasiana.com berada pada “angka” 2.208 dan rangking 37 untuk lokal Indonesia per tanggal 7/08/2013. Global Rank diperhitungkan menggunakan kombinasi rata-rata pengujung (global) situs harian dan jumlah pageviews pada situs selama tiga bulan terakhir. Sedangkan untuk rank lokal (Indonesia) diperhitungkan dengan menggunakan kombinasi yang sama namun berdasarkan local vistors (negara lokal) untuk satu bulan terakhir.

Untuk memahami laporan Alexa berdasarkan Global Rank, baik hari ini, kemarin, sebulan yang lalu semuanya dihitung berdasarkan three months moving average atau rata-rata bergerak periode tiga bulan kebelakang pada tanggal pelaporan, sedangkan untuk 3 bulan yang lalu memiliki angka yang sama dengan angka pada hari ini yaitu rata-rata alexa global rank untuk 3 bulan terakhir tehitung tanggal hari ini (tanggal laporan). Misalnya untuk posisi sebulan yang lalu (7/07/2013) merupakan rata-rata Alexa Rank untuk 7/04/2013 hingga 07/07/2013. Posisi global rank Kompasiana pada “angka” 2.208 tersebut menunjukan terjadi penurunan bila dibandingkan sehari sebelumnya (06/08/2013), dimana posisi kompasiana berada pada angka 1,910.

Posisi ini juga terlihat menurun bila dibandingkan dengan seminggu yang lalu yaitu pada posisi 1.972 dan 2,146 untuk bulan lalu. Semakin besar nilai Alexa Rank, menunjukan semakin menurun peringkat suatu web/situs. Pada 23 Januari 2013 yang lalu, saya sempat memaparkan beberapa analisa tentang situs kompasiana.com dengan judul Sekelumit Mengenai Kepopuleran Kompasiana.

Saat itu posisi Alexa Gobal Rank Kompasiana.com berada pada “angka” 2.238 dan “angka” 29 untuk lokal Indonesia. Bila angka ini dibandingkan dengan tanggal laporan (07/08/2013), maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada global rank namun mengalami penurunan untuk lokal Indonesia. Sebelum dilanjutkan, perlu dipahami bahwa analisa dalam tulisan ini hanya merupakan analisa terbatas, atau boleh dikatakan “menduga-duga” saja karena menggunakan sumber data yang juga terbatas. Untuk data dan analisa selengkapnya sebenarnya sudah dimiliki oleh admin Kompasiana.com atau Kompas.com, karena mereka telah menggunakan beberapa tools, salah satunya Google Analytics.

Walau begitu, tidak ada salahnya kalau masing-masing orang dapat menganalisanya menurut kemampuan dan pemahamannya sendiri. Sebagaimana juga saya, akan menggunakan beberapa informasi terbatas yang saya peroleh, khususnya bersumber pada data Alexa untuk analisa selanjutnya.

Perlu diketahui juga bahwa Alexa Rank melacak lebih dari 30 juta situs di seluruh dunia, yang artinya tidak semua situs diperbandingkan. Perkiraan lalu lintas Alexa didasarkan pada sampel jutaan pengguna internet di seluruh dunia yang menggunakan ribuan jenis toolbar dan add-ons (25.000 ekstensi browser yang berbeda ) baik untuk Google Chrome, Firefox, dan Internet Explorer. Dalam gambar di atas dapat dilihat pergerakan grafik yang berfluktuasi dari hari ke hari selama 6 bulan terakhir. Titik terendah grafik dapat dilihat terjadi sekitar minggu ketiga bulan Maret 2013.

Sedangkan titik tertinggi dapat dilihat terjadi pada minggu ke tiga bulan Februari dan Minggu terakhir bulan Juli 2013. Perlu diketahui juga bahwa Alexa Rank tidak dapat diukur dan dianalisa hanya dengan asumsi terbatas tentang keadaan sebuah situs atau memperbandingkan dengan beberapa situs lain yang dipilih “semaunya” kita. Posisi Alexa Rank sebuah situs adalah merupakan hasil perbandingan dengan situs lainnya di seluruh dunia. “The Alexa Traffic Rank ranks your site relative to all other sites in the world”.

Oleh sebab itu untuk memahami Alexa Rank, analogi sederhananya pernah saya kemukakan dalam tulisan saya sebelumnya, bahwa “jika anda mengikuti lomba lari pada hari kemarin anda berhasil mencapai finish pada peringkat ke 3. Jika kemudian diadakan lomba lari lagi, kecepatan berlari anda mungkin lebih cepat dari kemarin, namun anda mencapai finisih pada posisi ke 5. Hal ini berarti bahwa bukan kecepatan anda yang bermasalah, tetapi orang lain jauh lebih cepat berlari di hari ini melebihi kecepatan anda.”

Jadi walau kombinasi rata-rata pengujung (global) situs harian dan jumlah pageviews pada situs selama tiga bulan terakhir mengalami peningkatan, bukan berarti dapat mendongrak Alexa Rank, karena mungkin saja situs lain memiliki kombinasi perhitungan dengan nilai yang lebih tinggi. Tinggi rendahnya rank sebuah situs bisa menjadi baik dan tidaknya, tergantung pada situs lain yang diperbandingkan. Pages Views Saat pengunjung (visitors) mengujungi website/situs anda, mereka mungkin akan mencari/melihat beberapa halaman (web page) lagi. Setiap kujungan mereka di setiap halaman web akan dihitung dan disebut sebagai page view.

Namun untuk perhitungan Alexa, kujungan tersebut hanya dihitung dalam jarak waktu tertentu. “bila seseorang mengunjungi satu halaman web Kompasiana.com dalam rentang waktu 30 menit secara berulang, kunjungan tersebut akan dihitung satu, tetapi jika ia kembali lagi mengunjungi halaman situs setelah 30 menit pertama maka kujungan tersebut akan dihitung dua dan seterusnya.

Jumlah page view berbeda dengan jumlah visitors, jumlah hits dan jumlah unique visitors. Jumlah visitors dihitung tidak dibatasi waktu seperti dasar perhitungan Alexa di atas, ketika “seseorang” mengujungi satu halaman web akan dihitung satu, ketika kemudian dia mengujungi satu halaman web lainnya maka secara keseluruhan dihitung 2, dan jika ia kembali lagi melihat halaman web tersebut, maka kunjungannya tersebut akan di ditambahkan pada jumlah visitors secara keseluruhan, dan seterusnya. Jumlah Unique Visitors (Unique Visitors) dihitung hanya satu kali untuk masing-masing visitors berdasarkan IP mereka, tidak peduli berapa kali ia mengujungi web dan atau berapa banyak halaman web yang ia lihat. Jumlah Hits, sebenarnya mengacu pada jumlah file yang didownload di situs anda, ini bisa mencakup foto, grafik, dll.

Jika satu halaman web page (satu artikel misalnya) berisikan 5 gambar gambar di dalamnya dan 5 gambar banner lain yang ditampilkan pada beberapa posisi pada desain web, maka jumlah hits dapat dihitung berjumlah 11 (1 hits untuk actual HTML page, dan 10 gambar yang ikut diload pada saat artikel tersebut dibuka untuk dibaca). Untuk menghitung jumlah page view berdasarkan persentase page views (yaitu estimasi presentase global pageviews pada kompasiana.com), dapat dihitung dengan rumus (Internet traffic page views in the world x alexa_pageView_percent)/30.

Baca Juga :  Media "Negeri Singa" lansir ambisi Anies usai Kuasai Balaikota

Jika Internet traffic page views in the world ditentukan sebesar 10.909.000.000 (Stackoverflow.com pada Januari 2012) maka jumlah pengujung kompasiana.com per 6 Agustus 2013 adalah (10.909.000.000 x 0,00325%)/30 atau 11.818 page view, 9.273 untuk seminggu yang lalu, 8.811 untuk bulan lalu dan 8.222 untuk tanggal 07/08/2013 (lihat penjelasan di atas, nilai 3 bulan dalam gambar menunjukan rata-rata tiga bulan terakhir yang juga adalah sama dengan keadaan pada hari ini/tanggal laporan). Sekali lagi perlu diingat bahwa angka-angka yang disajikan merupakan rata-rata untuk 3 bulan menurut tanggal laporan, bukan kalkulasi hanya pada tanggal laporan saja.

Dengan menggunakan data Monthly Page Views wikipedia (untuk periode 1 maret 2012 – 18 Februari 2013) sebagai Internet traffic page views in the world yaitu sebesar 12.709.000.000 maka jumlah page view kompasiana.com per 6 Agustus 2013 adalah 13.768, 10.802 (7 hari lalu), 10.265 (sebulan lalu) dan 9.578 pada tanggal laporan (07/08/2013). Mengapa angka Monthly Page Views wikipedia dapat digunakan sebagai Internet traffic page views in the world versi Alexa? Karena Wikipedia juga dirangking oleh Alexa.

Apabila page view ini diperbandingkan dengan Alexa Rank Kompasiana, dapat dilihat bahwa jumlah page view memang berbanding lurus dengan peningkatan ranking alexa suatu situs. Daily Pages Views per User dan Jumlah Unique Visitors Gambar di atas menujukan estimasi rata-rata page view unik harian per user. Jika yang dimaksud dengan “per user” di sini adalah Unique Visitors, maka dengan menggunakan data wikipedia di atas sebagai Internet traffic page views in the world dapat diketahui jumlah pengunjung unik kompasiana dengan rumus “jumlah page view dibagi page view per user” atau 13.768/4,7 sehingga didapat angka 3.383 untuk tanggal 06/08/2013, 2.828 (7 hari yang lalu), 2.553 (sebulan yang lalu) dan 2.507 pada tanggal laporan (07/08/2013).

Bila rata-rata pengujung unik kompasiana berkisar antara 2.500 hingga 3.000 maka angka pengunjung unik ini juga dapat menggambarkan pengujung “setia” (harian) kompasiana yang didalamnya termasuk para penulis (kompasianer) itu sendiri. Daily Reach (%) Asumsi Telecommunications Unions (ITU), Geneva, 27 Februari 2013 tentang pengguna internet dunia yaitu 61% dari 7,1 milyar total populasi dunia (estimasi untuk tahun 2013) diperoleh jumlah pengguna internet dunia sebanyak 4.331.000.000 (4,3 milyar). Jika angka ini kemudian digunakan sebagai dasar perhitungan, maka estimasi global internet user yang mengunjungi kompasiana cukup besar yaitu mencapai jutaan pengunjung (berkisar 2,5 – 3 juta).

Angka ini tidak relevan dengan angka page view maupun unique visitors yang telah diperhitungkan di atas, oleh sebab perlu dicari dasar perhitungan yang sesuai. Setelah melihat beberapa analisa alexa pada beberapa tahun yang lalu, disebutkan bahwa perhitungan tersebut berdasarkan sample acak per satu juta global internet users Dengan menggunakan pemahaman di atas, maka Daily Reach dapat digambarkan dengan contoh, jika kompasiana memiliki persentase Reach sebesar 0,067% pada tanggal 6/08/2013, hal ini berarti, jika anda mengambil sampel secara acak dari satu juta pengguna internet, anda akan menemukan bahwa rata-rata 67 dari mereka yang mengunjungi kompasiana.com.

Bila asumsi ini benar, maka perubahan presentase Reach tidak berbanding lurus dengan peningkatan page view maupun unique visitors per hari. Seperti pada cantoh perhitungan page view di atas, untuk tanggal 6 Agustus 2013 (page view 13.768) memiliki persentase Reach sebesar 0,067%. Presentase ini lebih rendah dari persentase Reach untuk 7 hari yang lalu yaitu 0,070%, padahal memiliki page view hanya sebesar 10.802 Bounce (%) Untuk memahami Bounce dapat dilihat pada tulisan saya sebelumnya (Sekelumit Mengenai Kepopuleran Kompasiana).

Secara garis besar Bounce dapat disimpulkan dengan contoh, ketika seseorang mengujungi kompasiana.com, entah karena menemukan linknya pada situs lain, jejaring sosial, atau search engine (mungkin karena tergoda karena judul), orang tersebut tidak akan berlama-lama berada dalam halaman web kompasiana.com. Mungkin hanya sebentar saja atau setelah membaca seluruh artikel, tanpa tergoda dengan halaman atau judul tulisan yang lain, dia langsung meninggalkan (bounce) halaman/situs kompasiana, baik dengan cara menutup tab browser, menekan tombol/menu back atau mengganti url baru pada toolbar address browser.

Ada dua hal yang perlu dipahami dalam masalah Bounce yaitu Pengunjung yang hanya melihat satu halaman di situs Anda (tidak ditentukan berapa lama waktunya melihat satu halaman tersebut) Pengunjung melihat satu halaman situs hanya dalam waktu singkat tanpa membaca keseluruhan konten yang ada (biasanya lima detik atau kurang), hal ini terkait dengan “session times” Karena sampai saat ini masih terjadi perdebatan mengenai pengukuran “session times” ketika pengunjung melihat satu halaman web dan dapat dikatakan bounce, maka kita dapat menggunakan definisi Google sebagai dasar perhitungan Bounce Rate (termasuk Google Analytics, WebTrends, Yahoo! Web Analytics dan Coremetrics), dimana disebutkan bahwa Bounce Rate (BR) adalah merupakan persentase kunjungan yang hanya membuka satu halaman sebelum keluar dari situs.

Dengan demikian untuk mengukur BR selanjutnya tidak harus memperhitungkan session times namun pada jumlah visitor yang hanya melihat satu halaman saja sebelum “ia” keluar. Untuk menghitung Bounce Rate (BR) biasanya para analis web atau ahli SEO menggunakan rumus Total number of visitors viewing one page only dibagi Total entries to page. Karena BR sudah diketahui seperti gambar di atas, maka yang dicari adalah Jumlah Total number of visitors viewing one page.

Dengan menggunakan page view tanggal 06/08/2013 yaitu 13.768 danBR untuk tanggal yang sama yaitu 50,5% maka Jumlah Kunjungan Pada Satu Halaman (user yang melakukan bounce) yaitu 13.768 x 50,5% = 6.953. Apakah hasil ini dapat disebut sebagi jumlah kunjungan pada satu halaman? Jika ya, maka hasil tersebut dapat didefinisikan sebagai jumlah page view “singkat” atau jumlah kunjungan halaman yang mengalami Bounce. Jika hasil tersebut dapat diterima, maka rata-rata dalam tiga bulan terakhir, tehitung tanggal laporan (06/08/2013) terdapat 6.953 kunjungan halaman yang dilihat secara “singkat” oleh visitor.

Baca Juga :  Mengapa JK larang kaset mengaji diputar di masjid?

Apa artinya? Sepertinya kurang baik bagi suatu situs bila hasil perhitungan jumlah kunjungan pada satu halaman jumlahnya cukup besar (lebih dari separuh page view), indikasinya jelas karena BR berada di atas 50%. Jika bertahan pada posisi demikian, maka hal ini dapat dipandang sebagai kekurangan, khususnya bagi mereka yang berkepentingan dalam soal pemasaran iklan pada web.

Untuk menyikapi kondisi ini, pengelola situs seharusnya mengkaji ulang desain situs dan mempelajari perilaku pengguna atau pengujung. Lalu bagaimana hubungannya hasil perhitungan 6.953 di atas dengan unique visitors pada tanggal laporan yang sama yaitu sebesar 3.382? Jika angka unique visitor 3.382 ini dianggap sebagai Total entries to page maka Total number of visitors viewing one page adalah 3.383 x 50,5% = 1.708 unique visitors who viewing one page Bila angka ini dapat diterima kemudian memperbandingkannya dengan Daily Pages Views per user pada tanggal laporan yang sama, yaitu 4,7, maka dapat disimpulan juga bahwa terdapat 1.675 (3.383 -1.708) unique user yang ditandai sebagai “pengunjung setia” atau dapat diartikan sebagai rata-rata “jumlah kompasianer” yang melakukan aktivitas melalui kompasiana.com setiap harinya, dalam 3 bulan terakhir per tanggal laporan. Angka 1.675 user setia ini dapat juga diperoleh dengan rumus (Jumlah Page View-6,953)/ Daily Pages Views per user atau (13.768-6.953)/ 4,7 = 1.675 (pembulatan).

Berdasarkan perhitungan ini, kita dapat menghitung rata-rata halaman atau artikel yang dilihat oleh “pengujung setia” ini dengan rumus (13.768 – 1.708)/1.675 yaitu minimal 7 kunjungan halaman per user. Perhatikan Bouncer Rate (%) untuk perbandingan di atas, terlihat posisi BR kompasiana.com lebih tinggi dibandingkan 3 situs lain yang memang merupakan media berita online. Namun bila diteliti lebih jauh terhadap pergerakan grafik, sekitar minggu ke 3 bulan Maret 2013, BR kompasiana turun mendekati atau hampir sama dengan kompas.com dan viva.co.id. Dengan adanya indikasi ini, maka sangat dimungkinan kompasiana dapat menurunkan BR dalam beberapa waktu kedepan dengan memperhatikan berbagai aspek yang mempengaruhi BR itu sendiri.

Time on Site Untuk mengukur estimasi lamanya waktu rata-rata ketika visitor mengujungi kompasiana.com biasanya dilakukan dengan menghitung selisih waktu saat pertama kali “ia” mengujungi satu halaman situs dengan waktu terakhir ia mengujungi halaman situs lainnya. Sebagai contoh, bila seorang visitor mengunjungi satu halaman (sebut saja A) pada kompasiana pada jam 12:00, kemudian dia mengujungi halaman lainnya (sebut saja B) pada jam 12:10, kemudian mengujungi lagi halaman lainnya (sebut saja C) pada pukul 12:20, terakhir ” ia” meninggalkan kompasiana pada pukul 12:30, maka dapat dihitung lamannya waktu di situs adalah 20 menit bukan 30 menit karena jumlah waktu saat “ia” melihat halaman C tidak diperhitungkan (selalu dianggap nol untuk beberapa situs yang menganalisa tentang hal ini).

Dengan demikian juga berarti, kalau pengujung hanya melihat halaman A atau C saja lalu keluar (terjadinya Bounce) maka waktu “ia” didalam situs tidak diperhitungkan. Dengan menggunakan tanggal laporan 06/08/2013, maka untuk menganalisa estimasi waktu rata-rata visitor mengunjungi kompasiana.com, kita mungkin hanya dapat mengikutsertakan 1.675 unique user (lihat hasil perhitungan di atas), yaitu “user setia” kompasiana.com yang mengujungi kompasiana selama 9 menit 50 detik dengan jumlah rata-rata kunjungan halaman (page view) adalah 7 halaman. Semakin lama user berada di dalam suatu situs menujukan hal yang baik, karena kemungkinan besar “ia” akan mengujungi lebih dari satu halaman web.

Data di atas dapat menggambarkan waktu rata-rata members atau kompasianer menghabiskan waktu mereka selama mengakses kompasiana.com. Sebagai pembanding dapat di lihat time on site (dalam menit) pada gambar di atas. Terlihat bahwa lama waktu kujungan visitor di kompasiana.com tidaklah berbeda jauh, bahkan kadang berada di atas dua situs berita online yang ada. Keadaan yang ditujukan di atas sangat berkaitan erat dengan upaya untuk menekan Bounce Rate (BR) kompasiana.com. karenanya kompasiana.com masih mampu melakukannya yang nantinya berujung pada peningkatan Alexa Rank. Search (%) Berapa jumlah visitor mengujungi kompasiana dari hasil pencarian? Bila hasil perhitungan beberapa data di atas, kita mungkin hanya menggunakan 1.708 unique user atau 6.953 page view yang ditandai sebagai “Bounce” untuk tanggal laporan 6/08/2008. Sebab bila hanya melihat satu halaman saja kemudian meninggalkan kompasiana, maka visitors diperkirakan menemukan link page kompasiana pada jejaring sosial, search engine atau pada web lainnya. Bila dihitung, maka 1.708 x 12,7% = 217 adalah rata-rata unique user yang menemukan berita/artikel kompasiana melalui search engine. 6.953 x 12,7% = 883 adalah rata-rata page view yang dikujungi dari hasil pencarian melalui search engine. Dari kedua angka ini dapat juga diasumsikan bahwa masing-masing 217 unique user menemukan 4 halaman (883/217) artikel kompasiana melalui search engine. S

ebagai pembanding Search Visit (%) dapat dilihat pada gambar di atas, keadaan tersebut menujukan bahwa artikel atau berita kompasiana.com lebih banyak di temukan visitors melalui mesin pencari dibandingkan dengan tiga situs berita online yang lain. Hal ini cukup mengembirakan, karena unique konten kompasiana teryata “disukai” oleh mesin pencari yang ada untuk menempatkan hasil pencarian terkait berita atau artikel kompasiana pada halaman pertama hasil pencarian. Walau terlihat baik, namun keadaan ini dapat mempengaruhi tingginya Bounce Rate, karena unique visitors hanya melihat satu halaman yang ditemukan tanpa meluangkan waktu melihat berita/artikel lain di kompasiana. Inilah tantangannya untuk memanjakan mereka ketika mengujungi situs. Oleh sebab itu, sekali lagi perlu membenahi desain kompasiana seperti menempatkan link berita terkait di setiap artikel/berita selain tetap menjaga kualitas dan unik konten dan masalah teknis lainnya yang menghambat penurunan BR. Top Keyword from Search Engines Terkait dengan laporan prosentase kunjungan situs dari hasil pencarian melalui search engine di atas. Kita kemudian dapat menganalisa keyword apa saja yang biasanya dicari oleh pengujung sehingga menemukan halaman artikel kompasiana. Dalam gambar di atas, ditujukan bahwa keyword Fatin, Jokowi dan PKS menduduki lima besar.

Baca Juga :  Ternyata Marzuki Alie Juga Sering Absen Paripurna

Perlu diingat list Keyword yang ditujukan menunjukkan kata kunci teratas berdasarkan data 6 bulan terakhir. Daftar ini diperbarui setiap bulannya.

Dengan menggunakan data 6.953 page view diatas, maka rata-rata terdapat 12 kujungan halaman (artikel atau berita) tentang Jokowi yang diperoleh visitor melalui serach engine (6.953 x 0,17%). Sebagai catatan saja berita atau artikel tentang Jokowi di kompasiana yang di-index oleh Google selama 23 Januari hingga 31 Juli 2013 yaitu sebanyak 158.000 hasil pencarian bebas dan 3.130 hasil pencarian yang mengandung keyword “Jokowi” pada judul artikel/berita. Upstream Site Upstream Site adalah bagian yang menunjukkan situs yang dikunjungi oleh para pengunjung sebelum mereka mengunjungi kompasiana.com.

Persentase tertinggi yang ditunjukkan dalam gambar di atas mencerminkan lalu lintas yang sangat baik untuk mendorong pengguna internet untuk mengujungi kompasiana.com. Namun perlu diperhatiakan bahwa Upstream Site dalam laporan Alexa tidak berarti sama dengan (namun mencakup) situs dimana link artikel/berita ditautkan atau ditemukan. Dengan begitu, perlu dibedakan juga hasil perhitungan visitors google.com dan google.co.id (28,7%) dengan perhitungan Persentase Searchyang dijelaskan disebelumnya dimana dilaporkan hanya mencapai 12,7% visitor yaitu mereka yang mengujungi situs dari hasil pencarian. Asumsi persentase tiap Upstream Site mungkin merupakan summary dari keseluruhan aktivitas user yang mengujungi kompasiana.com dan dipantau oleh Alexa, dalam artian tidak hanya terbatas pada laporan 3 bulan terakhir saja, karena Alexa tidak menjelaskan hal ini secara khusus, seperti halnya ketika menjelaskan daftar keyword di atas, dimana Alexa menghitungnya berdasarkan data 6 bulan terakhir. Dengan demikian untuk menganalisa laporan Alexa terkait gambar di atas saya akan menggunakan jumlah unique visitors untuk rata-rata tiga bulan terakhir per tanggal laporan 6/08/2013 yaitu 3.383 visitors, sehingga diperoleh 744 unique visitors untuk google.com, 405 untuk Facebook, 287 untuk kompas.com, 226 untuk google.co.id dan 87 untuk twitter.com.

Persentase Upstream Site di atas sangat penting ketika kita melihat lalu lintas pengujung sebelum mengujungi kompasiana.com khususnya melalui tautan yang disertakan pada situs-situs tersebut. Situs-situs ini juga dapat dinilai sebagai backlink kompasiana.com yang berperan penting untuk menentukan Google Page Rank (GPR).kompasina yang saat ini berada pada posisi 6/10. Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. Apalagi situs tersebut adalah Kompas.com, dengan Page Rank 7/10. Dalam gambar ditujukan 5 besar subdomain kompasiana.com yang dikujungi visitor dalam sebulan terakhir.

Total seluruh presentase yang dilaporkan dapat saja lebih dari 100% karena seseorang pengujung dapat saja mengujungi lebih dari satu subdomain (kanal) kompasiana.com. Bila menggunakan jumlah unique visitors untuk rata-rata tiga bulan terakhir per tanggal laporan 6/08/2013 yaitu 3.383 visitors, maka rata-rata jumlah pengujung kanal politik harian dalam sebulan terakhir adalah 605 visitor (17,27% x 3.383).

Perlu diingat bahwa unique visitors akan dihitung satu kali untuk setiap subdomain/kanal walau ia mengujunginya berulang kali dalam sebulan. Kesimpulan Dengan menggunakan Monthly Page Views wikipedia sebagai Internet traffic page views in the world yaitu sebesar 12.709.000.000 dan menggunakan rata-rata data laporan untuk 3 bulan terakhir per tanggal laporan 06/08/2013. Maka Selain laporan Alexa, dapat diperoleh juga data rata-rata harian sebagai berikut, 13.768 Page View 3.383 Unique Visitors 50,5% Bounce Rate (BR) 6.953 Page View yang ditandai Bounce 1.708 Unique Visitors ditandai Bounce 1.675 Unique Visitors rata-rata mengujungi 7 halaman web 1.675 juga ditandai sebagai pengguna aktif atau kompasianer 9 menit 52 detik waktu yang dihabiskan pengujung/kompasianer 883 page view yang dikujungi visitor dari hasil pencarian melalui search engine. 744 unique visitors mengujungi situs melalui google.com, 405 dari Facebook, 287 dari kompas.com, 226 dari google.co.id dan 87 dari twitter.com. Walaupun diperoleh data-data seperti di atas, tidak berarti dapat dengan mudah menentukan peningkatan Alexa Page Rank baik global maupun lokal Indonesia, karena rangking tersebut ditentukan Alexa dengan memperbandingkan kompasiana.com dengan situs-situs lain. Namun demikian ada beberapa catatan yang mungkin dapat menjadi perhatian Di satu sisi terjadi peningkatan posisi kompasiana untuk Alexa global rank namun disisi lain terjadi penurunan untuk lokal rank dimana kompasiana saat ini menuduki peringkat 37, turun 8 point dibandingkan posisi kompasiana.com pada akhir Januari 2013 yaitu berada pada rangking 29.

Dengan menggunakan analogi di awal tulisan ini, mungkin keadaan kompasiana.com lebih baik dibandingkan akhir Januari lalu, namun situs lokal lain yang diperbandingkan Alexa jauh lebih baik dari berbagai indikator. Dengan demikian memang harus terus memperbaiki diri baik dari masalah teknis dan kualitas (unik) konten. Bounce Rate (BR) 50,5% adalah angka yang cukup tinggi dan dapat mengurangi penilaian stakeholder terhadap keberadan kompasiana.com.

Karena tingginya BR pengelola dapat memperhatikan beberapa hal yaitu gangguan teknis yang menyebabkan pengujung membatalkan niatnya berlama-lama di kompasiana dan penempatan navigasi untuk artikel maupun berita terkait agar mudah dilihat sehingga pengujung dapat “tergoda” untuk melihat halaman lainnya Dengan memperkecil BR kemungkinan besar page view dapat meningkat (termasuk page view per user) yang memiliki pengaruh terhadap perhitungan Alexa Rank Mempertahakan unik konten (terutama masalah copypaste atau masalah repost tulisan dari blog lain yang dilakukan oleh pemilik blog sekaligus terdaftar sebagai kompasianer) Seiring dengan meningkatkan sharing artikel pada jejaring sosial, perlu ditingkatkan juga follower untuk masing-masing akun yang ada, yang dalam kenyataanya memang meningkat dari waktu ke waktu per laporan socialbakers.com dimana dari sejak bulan Februari sampai Juli 2013, followers Facebook kompasiana naik 86.084 menjadi 218.315 per 31 Juli 2013.

Sedangkan untuk follower twitter naik sebanyak 22.146 menjadi 161.088 per 31 Juli 2013. Demikian lebih kurang analisa sederhana yang dapat saya kemukakan, mungkin banyak kekurangan dan berbeda dengan anda, untuk itu silahkan memberikan penilaian sendiri. Semoga bermanfaat. **

Penulis : Tovanno Valentino
Editor   : erny
Sumber: kompasiana.com

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button