Home / Sport / “Timor Leste Caplok Wilayah Indonesia, Panglima Udayana Lapor ke Jakarta”

“Timor Leste Caplok Wilayah Indonesia, Panglima Udayana Lapor ke Jakarta”

Batas wilayah Indonesia, perbatasan Timor Leste.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM – Wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste kembali memanas. Timor Leste mengklaim sebagian wilayah yang masih berada di kawasan NKRI.

Panglima Kodam IX Udayana, Mayor Jenderal TNI M Setyo Sularso, mengatakan sengketa itu terjadi di Noelbesi-Citrana, Desa Netamnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Karena masih dalam sengketa, wilayah itu dinyatakan steril dan tidak ada yang berhak mengklaim wilayah tersebut menjadi miliknya. “Jadi, kita menghendaki garis batas negara pada sebelah barat sungai kecil dan status tanah masih merupakan daerah steril, tidak boleh dikelola kedua negara,” kata Setyo.

Tetapi yang terjadi di lapangan, Timor Leste sudah membangun sejumlah bangunan permanen di kawasan itu. Seperti kantor pertanian, balai pertemuan, gudang dolog, tempat penggilingan padi, pembangunan saluran irigasi dan jalan diperkeras.

“Ada 53 KK yang mendiami wilayah steril tersebut di Dusun Naktuka Desa Netamnanu Utara Kecamatan Amfoang Timur. Mereka ber-KTP Timor Leste,” ungkapnya.

Yang mengherankan, tentara Timor Leste selalu menolak jika diajak patroli bersama di wilayah sengketa itu. Hal ini berbeda jika berada di wilayah bebas sengketa. “Mereka sudah punya pasukan perbatasan dan mau kerja sama dengan kita.

Tapi, khusus di sini (Naktuka) dia tidak mau,” terang jenderal bintang dua ini. Dia menduga Timor Leste sudah memanfaatkan wilayah tersebut sesaaat setelah memisahkan diri dengan Indonesia.

“Daerah strelir itu harusnya tidak boleh ada aktivitas. Itu kesepakatannya. Saya akan melaporkan pimpinan ke Jakarta.”

Sumber: estrelaonline.co

Pencarian Terkait:

  • macam2 caplok an com
Baca Juga :  Kota Kupang: Pemilih Legislatif Bertambah 17 Ribu Orang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button