Home / Populer / Wao!! KPK Bisa Jerat Fahri Hamzah, Ini Pasal Pelanggarannya!

Wao!! KPK Bisa Jerat Fahri Hamzah, Ini Pasal Pelanggarannya!

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM – Mantan Plt Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indriyanto Seno Adji menilai KPK bisa menjerat Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah karena berupaya merintangi penyidikan. Fahri bisa dijerat Pasal 21 UU Tindak Pidana Korupsi.

“Menggagalkan penggeledahan tidak terjadi tetapi (Fahri Hamzah) merintangi. Itu masuk dalam pemahaman Pasal 21 UU Tipikor,” kata Indriyanto Seno Adji kepada Media Indonesia, Rabu (20/1/2016).

Pasal 21 UU Tipikor berbunyi; “Setiap orang yang dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan terhadap tersangka dan terdakwa ataupun para saksi dalam perkara korupsi, dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 tahun dan denda paling banyak Rp 600 juta”.

Indriyanto menjelaskan, pasal tersebut dapat diterapkan dengan pengertian menggagalkan sepenuhnya proses penyidikan yang dilakukan KPK.

Namun, ada juga yang mengartikan upaya sekecil apa pun untuk menghalangi, menggagalkan, dan merintangi penegak hukum juga melanggar pasal tersebut. Tafsir lain pasal itu, adalah merintangi hingga penegak hukum gagal dalam proses penggeledahan atau tindakan hukum lainnya.

“Ada pendapat terkait pasal itu perbuatan FH (Fahri Hamzah) sudah dianggap merintangi walaupun tujuan KPK melaksanakan geledah dan sita sudah tercapai. Namun saya berpenapat pasal itu hanya bisa digunakan apabila upaya kemarin menyebabkan KPK gagal,” terangnya.

Penyidik KPK adu mulut dengan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat akan menggeledah ruang anggota Komisi V dari Fraksi PKS Yudi Widiana Adia. Fahri protes karena penyidik KPK dikawal anggota Brimob yang menenteng senjata laras panjang.

Penggeledahan ruang kerja Yudi Widiana terkait kasus suap kepada Damayanti. Damayanti, anggota Komisi V, ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan, Rabu 13 Januari. (KRI)

Baca Juga :  Kontras Minta Jokowi Tak Usul Budi Gunawan jadi Kapolri
Sumber: metrotvnews.com

Pencarian Terkait:

  • fary hamzah ilc

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button