Home / Populer / DAK IPD Dinas PU NTT Turun Drastis, DPRD Kota Kupang Meradang!

DAK IPD Dinas PU NTT Turun Drastis, DPRD Kota Kupang Meradang!

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.com: Menurunya alokasi DAK IPD untuk provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat disayangkan, oleh Anggota DPRD Kota Kupang Djainudin Lonek. Pasalnya DAK sangat dibutuhkan oleh Provinsi NTT untuk membangun dan membenahi infrastruktur jalan. Apalagi penurunan DAK cukup besar dari angka Rp. 62 Milyar pada tahun 2015, menjadi hanya Rp. 15 Milyar pada tahun 2016.

Kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Rabu (17/2/2016), Lonek mengaku penurunan alokasi DAK sangat berpengaruh pada penanganan infratruktur jalan di Provinsi NTT. “Kalau cuma Rp. 15 Milyar cuma berapa kilometer jalan yang bisa dibenahi, padahal jalan Provinsi di NTT panjangnya bisa mencapai ribuan kilometer,” kata Lonek.

Menurutnya, pemerintah Provinsi NTT tidak bisa tinggal diam dengan masalah ini, karena alokasi DAK IPD pada tahun 2016 cukup besar dan berjumlah Rp. 3,2 Trilyun, dan masa NTT cuma mendapat alokasi anggaran sepersekian persen dari total Pagu DAK.

“Saya menduga ada yang tidak benar soal menyusutnya alokasi DAK IPD. Mungkin penyerapan DAK IPD sangat minim sehingga berdampak pada alokasi tahun berikutnya. Namun saya berharap pemerintah mau perjuangkan kembali ke pemerintah pusat agar alokasi dana itu diperbesar lagi, setidaknya dalam perubahan anggaran,” ujarnya .

Lonek mengatakan, sebenarnya sebagi Anggota DPRD Kota Kupang dirinya kurang pantas menyuarakan masalah ini. Tapi sebagai warga NTT, dirinya merasa pantas menyuarakan masalah ini agar pemerintah pusat juga bisa memahami kondisi rill di NTT, selain itu pemerintah provinsi juga harus segera melakukan koordinasi dengan peemerintah pusat untuk perjuangkan DAK IPD yang lebih besar untuk NTT.

Penulis: Nyongki

 

 

 

 

Baca Juga :  DEKLARASI Rakyat Indonesia Jokowi Capres Indonesia ke tujuh

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button