Home / News NTT / Dana PEM Telah Berkembang Menjadi Rp. 48 Miliar, Ini Cerita Jonas Salean

Dana PEM Telah Berkembang Menjadi Rp. 48 Miliar, Ini Cerita Jonas Salean

Wali Kota Kupang Jonas Salean saat berkantor di Kelurahan Nunbaun Delha (NBD), Kecamatan Alak, Kota Kupang, Kamis (11/2/2016). (Foto: Nyongki)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.com: Kebijakan Dana PEM di Kota Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) boleh dibilang cukup menggembirakan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Kupang Jonas Salean kepada moral-politik.com, saat berkantor di Kelurahan Nunbaun Delha (NBD), Kecamatan Alak, Kota Kupang, Kamis (11/2/2016) pagi.

Dia  mengatakan, dari dana sebesar Rp. 25,5 Miliar yang diluncurkan Pemerintah Kota Kupang untuk membantu usaha kecil masyarakat, dana tersebut telah berkembang menjadi sebesar Rp. 48 miliar. Berkembangnya dana PEM tersebut, berkat bunga Bank yang diperoleh dari penyimpanan dana tersebut di Bank.

“Dana itu memang tidak disengaja disimpan di Bank untuk mencari bunga. Tapi dana itu telah menjadi dana abadi kelurahan sehingga ketika dana itu digulirkan dan kemudian dikembalikan oleh penerima
Dana PEM, LPM selaku pengelola menyimpan di Bank,” kata mantan Sekot Kupang ini.

Menurut dia, dengan meningkatnya dana PEM, di tahun ini pemerintaha juga akan menyalurkan Dana PEM bagi para pedagang keliling yang beroperasi di Kota Kupang. Namun pemberian tetap difokuskan kepada domisili dari penerima bantuan Dana PEM. Jika yang bersangkutan tinggal di Kelurahan A, maka dia akan menerima bantuan di Kelurahan A, dan bukan berdasarkan di kelurahan tempat berjualan.

“Kalau dulu bantuan hanya diberikan pada mereka yang punya usaha, maka kali ini bantuan Dana PEM akan diberikan juga kepada pedagang keliling. Niat sudah pemerintah konsultasikan dengan DPRD dan sudah disetujui. Sekarang yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah merevisi Juknis dan Juklak penyaluran dana PEM,” katanya

Mantan Staf Ahli Gubernur NTT ini menuturkan lebih lanjut, Pemerintah Kota juga berencana menambah alokasi Dana PEM untuk setiap kelurahannya menjadi Rp. 1 Miliar. Rencana penambahan dana itu baru direncanakan untuk tahun 2017 mendatang.

Baca Juga :  Kadis Andre Koreh: Pemprov NTT Akan Bangun Jalan di Teun & Felomasin, Asal...

“Tingginya permintaan warga soal bantuan dana PEM mebuat pemerintah segera menambahnya, apalagi bersasarkan survey yang dilakukan para pakar ekonomi dari beberapa universitas penyaluran Dana PEM dinilai cukup berhasil,” pungkas dia.

Penulis: Nyongki

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button