Home / News NTT / Diduga Bupati Manggarai Timur Korupsi APBD Rp 21 Miliar

Diduga Bupati Manggarai Timur Korupsi APBD Rp 21 Miliar

Bupati Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur Yosep Tote.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.com: Bupati Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yosep Tote diduga menggelapkan dana APBD sebesar Rp 21 Miliar.

Dana itu tersebar di beberapa item kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dugaan praktik korupsi itu terungkap lewat Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Manggarai Timur 2012.

Dalam laporan itu, terindikasi praktik korupsi di Ddinas Pekerjaan Umum (PU) Rp 17,5 miliar, Dinas Kehutanan (Dishut) Rp 112 juta, Dinas Pertanian Rp 1,2 miliar, Bagian Umum Rp 600 juta dan Sekretaris Dewan (Sekwan) 20 juta rupiah. Jika dijumlahkan maka mencapai Rp 21 miliar.

Tokoh Masyarakat Manggarai Timur, Agustinus Dawarja mengemukakan, dugaan korupsi itu dilakukan Yosep Tote dengan secara sepihak menaikkan total pendapatan dalam dokumen APBD Perubahan tanpa sepengetahuan DPRD.

Menurutnya, ada dua dokumen Perda APBD Perubahan (Perda No. 16 Tahun 2012) tentang APBD Perubahan Kabupaten Manggarai Timur.

Dari kedua dokumen tersebut, memuat neraca keuangan yang berbeda. Dokumen pertama berdasarkan persetujuan DPRD.

Sementara dokumen kedua diubah secara sepihak oleh pemerintah dalam hal ini Bupati Manggarai Timur, tanpa sepengetahuan DPRD.

“Sesuai dengan hasil Paripurna DPRD tanggal 27 November 2012 disepakati total pendapatan setelah perubahan APBD sebesar Rp. 509.145.986.764. Kemudian dalam dokumen APBD yang diubah secara sepihak oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur naik menjadi Rp 531.417.415.971. Jadi ada markup sebesar Rp 22.271.429.207 atau 4,37 persen,” kata Agustinus dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (7/4).

Ia menjelaskan, penyimpangan anggaran yang dilakukan Bupati Manggarai Timur merupakan bentuk pengelolaan keuangan daerah yang fatal. Dia meminta kepolisian dan KPK agar segera memeriksa bupati Manggarai Timur.

“Kabupaten Manggarai Timur merupakan salah satu daerah termiskin di NTT. Korupsi yang dipaparkan telah menjadi jawaban dari potret kemiskinan di daerah ini. Pihak penegak hukum seharusnya segera memeriksa Bupati Manggarai Timur untuk mempertanggungjawabkan dugaan penyimpangan anggaran tersebut,” ujar Agustinus. [R-14/L-8]

Baca Juga :  Hengky Benu Mendaftar di PKB, Siap Mengikuti Uji Kelayakan di DPP PDI-P !
Sumber: sp.beritasatu.com

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button