Home / Populer / Dua Dokter Timor Leste Mendapat Pelatihan di Darwin

Dua Dokter Timor Leste Mendapat Pelatihan di Darwin

Dr Peter Morris, Dr Rosye Da Silva, Dr Carla Madeira dan Dr Josh Francis di Royal Darwin Hospital.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.com: Dua dokter asal Timor Leste mendapat pelatihan di Darwin dalam upaya untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih baik bagi anak-anak di negara asal mereka.

Dr. Rosa Da Silva dan Dr. Carla Madeira akan kembali ke Dili pada bulan depan, setelah menghabiskan enam bulan sebagai ahli pediatrik di Rumah Sakit Royal Darwin.

Dr. Da Silva mengatakan ia telah memperoleh keterampilan berharga dari pengalaman bahwa dia tidak akan pernah memiliki akses ke dalam Timor Leste.

“Saya merasa seperti bekerja dalam pengaturan yang sangat maju di Australia membantu saya untuk mengembangkan pengetahuan saya dan ketrampil saya lebih,” kata Dr. Da Silva.

Kami memiliki hak di depan rumah tetangga kami dengan kebutuhan yang luar biasa dan saya pikir ada kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk berkontribusi dengan cara Dr. Josh Francis, dokter spesialis anak Royal Darwin Hospital.

“Saya sudah melakukan investigasi menyeluruh bahwa saya tidak akan bisa melakukannya di negara asal saya karena Timor Leste masih berkembang dan kami memiliki keterbatasan sumber daya, terutama dalam pengaturan laboratorium kami,” katanya.

Dr. Da Silva berharap dia akan mampu meningkatkan kesehatan dengan cara yang ia pelajari ketika ia kembali bekerja di Rumah Sakit Nasional Timor Leste.

“Hal pertama yang saya harus lakukan ialah mengatasi sistem kesehatan dan masalah kesehatan di tempat kerja saya, cara kami memberikan perawatan kepada pasien dan cara kita berpikir tentang perawatan primer dan pencegahan primer,” katanya.

“Kami dapat membantu untuk menghilangkan dan mengurangi jumlah penyakit yang kita miliki dengan mempromosikan kesehatan kepada masyarakat, dan memberikan perawatan terbaik bagi masyarakat Timor Leste.”

Baca Juga :  PDIP : Bangsa ini butuh presiden yang mampu bukan hasil survei

Dr Da Silva dan Dr Madeira telah berfokus pada pengembangan pengetahuan mereka tentang penyakit jantung rematik dan penyakit menular seperti tuberkulosis.

Proyek ini didanai oleh Choice Fellowship hibah Australia, sebagai bagian dari kemitraan antara Royal Darwin Hospital dan Rumah Sakit Nasional Timor Leste (Rumah Sakit Nacional Guido Valadares).

Spesialis Penyakit Menular dokter spesialis anak Dr Josh Francis mengatakan ia ingin melihat lebih banyak kemitraan di masa depan.

“Darwin sangat dekat dengan Timor Leste, jadi kita harus tepat di depan rumah tetangga kami dengan kebutuhan yang luar biasa dan saya pikir ada kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk berkontribusi dengan cara ini,” kata Dr. Francis.

“Kami bisa memberikan kesempatan bagi petugas kesehatan Timor untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan khusus di Australia yang benar-benar sulit untuk mendapatkan dalam pengaturan mereka sendiri karena sumber daya yang terbatas,” katanya.

Lebih dari separuh penduduk Timor Leste adalah anak-anak, dan negara tetap terganggu oleh penyakit seperti TBC, penyakit jantung rematik dan kekurangan gizi.(abc.net)

Editor   : erny
Sumber: estrelaonline.co

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button