Home / Populer / Fadli Zon: Harusnya Jokowi Dorong Putra Bangsa Bikin Medsos Sendiri

Fadli Zon: Harusnya Jokowi Dorong Putra Bangsa Bikin Medsos Sendiri

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon saat berkunjung ke Cibinong, Kabupaten Bogor, menghadiri kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai ciliwung, Kamis (12/02/2015).

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.com: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon mempertanyakan hasil dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kantor Google, Facebook, dan Twitter di Sillicon Valley, Amerika Serikat.

Menurut dia, kunjungan tersebut hanya membawa keuntungan bagi korporasi asing tersebut.

“Kunjungan itu output-nya apa, jangan sampai hanya jadi iklan gratis bagi korporasi itu,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (19/2/2016).

Fadli menilai, Jokowi harus memastikan bahwa kunjungan tersebut membawa keuntungan yang signifikan bagi Indonesia. Kunjungan itu tidak cukup hanya mendatangkan investasi, tetapi juga harus dipikirkan bagaimana cara agar Indonesia bisa membuat teknologi serupa.

“Negara lain seperti RRC tidak menggunakan Facebook, Twitter. Mereka buat program sendiri, yang sejenis itu karena mereka lembaga komersial kan hanya mencari keuntungan,” ucap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Fadli Zon optimistis dari 260 juta masyarakat Indonesia, banyak teknisi andal yang bisa membuat media sosial serupa atau bahkan lebih baik. Hanya saja, mereka membutuhkan dukungan dari pemerintah.

“Harusnya Pak Jokowi mendorong putra-putri bangsa bikin sendiri, buat program sendiri, marketnya kita sendiri. Kita jangan hanya jadi user, yang dapat untung mereka,” ucapnya.

Saat tiba di Tanah Air selepas kunjungan dari AS, Jumat pagi ini, Jokowi menekankan kunjungannya ke Silicon Valley merupakan bentuk keberpihakan pemerintah terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah pada era informasi dan digital.

“Dalam pembicaraan saya dengan Facebook, Google, dan Plug and Play, mereka memberi komitmen terhadap pengembangan ekonomi digital di Indonesia,” ujar Jokowi.

“Tindak lanjutnya, yakni dengan Google akan dilaksanakan pelatihan technopreuner, juga dengan perusahaan-perusahaan lain,” lanjut dia. **

Penulis  : Ihsanuddin
Editor    : Sabrina Asril
Sumber : Kompas.com
Baca Juga :  Guru di Daerah Terpencil Diprioritaskan Jadi PNS

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button