MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang kembali membuat program yang berpihak kepada warga miskin berupa pengurusan Ijin Membangun Bangunan (IMB) secara gratis bagi warga tidak mampu di Kota Kupang.

“Bantuan ini sengaja diberikan kepada warga tidak mampu agar ketika mereka berniat mengembangkan usaha dengan meminjam uang di Bank dan menjadikan rumah mereka sebagai agunan maka akan bernilai lebih, sebab rumah mereka memiliki perijinan yang lengkap,” kata Wali Kota Kupang Jonas Salean kepada moral-politik.com, di Kota Kupang, Rabu (3/2/2016) siang.

Selama ini bagi warga Kota yang punya kemampuan pas-pasan, katanya, atau cenderung tidak mampu, lebih memilih membangun rumah mereka secara diam-diam tanpa seijin dari pemerintah, karena mereka tahu bahwa ketika mengurus IMB mereka harus mengeluarkan biaya ekstra pengurusan IMB. “Melihat kondisi seperti ini, Pemkot merasa perlu membuat satu kebijakan baru untuk membantu masyarakat,” tambahnya.

Bukan cuma itu saja, katanya, dalam tahun ini pemerintah akan melakukan pemutihan IMB bagi warga, namun pemutihan IMB itu diberikan dengan kuota terbatas. “Kuota yang diberikan untuk pemutihan IMB hanya berjumlah 216, dan saat ini masyarakat yang sudah mendaftar agar mendapat pemutihan IMB sudah berjumlah 189 orang, dan masih tersisa kuota sebanyak 27 pemutihan IMB,” pungkas dia. **

Penulis: Nyongki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

37 − = 30