MORAL -POLITIK.com: Paus Fransiskus mendesak agar pemimpin Meksiko menerapkan “keadilan yang sesungguhnya” terhadap warga yang mengalami kekerasan kejahatan narkoba di negara tersebut.

Dalam pidatonya, Paus memperingatkan bahwa masyarakat yang dikendalikan oleh ketamakan dan sikap mementingkan diri sendiri merupakan lahan bagi korupsi, kekerasan dan perdagangan narkoba.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa skala masalah narkoba ini membuat gereja tidak dapat bersembunyi dari masalah itu dan mendesak uskup Meksiko untuk mengatasi masalah ini.

Berbicara di hari pertama dalam kunjungan lima hari ke Meksiko, dia mengatakan perdagangan narkoba merupakan sebuah kanker yang dapat menelan dan menghancurkan masyarakat Meksiko.

Dia juga mengatakan Gereja Katolik di Meksiko harus melakukan sesuatu dan tak hanya sekadar mengecam perdagangan narkoba.

Sebelumnya, Paus dan Pemimpin Ortodok Patriarch Kirill mendesak untuk memulihkan persatuan umat Kristen dalam pembicaraan di Kuba.

Pertemuan antara seorang Paus dan pemimpin gereja Rusia merupakan yang pertama kali sejak Kristiani di Barat dan Timur terpecah pada abad ke 11.

National Palace menggelar karpet merah untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus, yang juga untuk pertama kalinya seorang Paus diterima di sana.

Sabtu malam lalu, Paus memimpin misa di Gereja Basilica Perawan Guadalupe, di hadapan puluhan ribu orang. Di Gereja Basilica ini terdapat gambar Perawan Maria yang berkulit gelap.

Editor    : Farid Assifa/Erny
Sumber : BBC Indonesia/Kompas.com
Baca Juga :  Bisakah dikte SBY agar Menteri kinerja buruk diberhentikan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here