Home / News NTT / Terungkap: Perda Pemakaman dan Pengabuan Tak Bisa Diterapkan Spontan!

Terungkap: Perda Pemakaman dan Pengabuan Tak Bisa Diterapkan Spontan!

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.com: Rencana pemerintah Kota Kupang memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) mengenai pemakaman dan pengabuan di Kota Kupang, sehubungan dengan peningkatan populasi penduduk dan terbatasnya lahan pemakaman di Kota Kupang, mendapat tanggapan positif dari Sekretaris Komisi I DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli. Namun Talli memintah pemerintah tidak langsung menerapkan perda tersebut, sebab sistim itu tergolong baru dan butuh sosialisasi yang mendalam kepada masyarakat.

“Pada dasarnya mendukung seluruh niat Pemerintah. Karena pemerintah pastinya memiliki niat baik dalam setiap program maupun kebijakan yang diambil untuk masyarakat. Namun semuanya itu menurutnya harus ada tindak lanjut dari Pemerintah sebelum Perda tersebut ditetapkan dan diberlakukan di Kota Kupang tidak boleh diterapkan secara spontan,” kata Talli.

Menurutnya, sebaiknya Pemerintah mulai sekarang memikirkan hal-hal yang bisa mendukung terpenuhinya pelayanan bagi masyarakat saat adanya kedukaan. Dirinya mengatakan, memang program santunan kematian dari pemerintah sudah ada. Namun bantuan berupa ambulans untuk melayani jenazah saat meninggal juga sangat diperlukan. Selain itu, armada bus untuk mengantar para keluarga jenazah ke tempat pekuburan umum (TPU) juga dibutuhkan dalam membantu kelancaran acara pemakaman agar masyarakat kurang mampu dapat terbantukan.

Dikatakan, solusi yang intens juga harus dilakukan, karena menyangkut tata cara penguburan, maka akan bersinggungan dengan budaya serta agama yang dianut oleh masyarakat.

Baca Juga :  Penikam Murid SDN Sarai tewas dihakimi massa

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button