Home / News NTT / Warga Batuplat Pertanyakan IMB Masjid kepada Jonas Salean

Warga Batuplat Pertanyakan IMB Masjid kepada Jonas Salean

Kondisi Masjid Batuplat, Kelurahan Batuplat, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur saat ini. (foto: kitabisa.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Warga Kelurahan Batuplat, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memertanyakan Ijin Membangun (IMB) dari Mesjid Batuplat yang belum keluar hingga saat ini. Pasalnya, sesuai hasil pertemuan dengan Badan Kesbangpol Kota Kupang bersama Komnas HAM, disepakati IMB dari Masjid Batuplat segera dikeluarkan.

Pertanyaan itu disampaikan Imanuel Hailitik salah satu warga Kelurahan Batuplat, kepada Wali Kota Kupang Jonas Salean, saat berkantor di Kantor Lurah Batuplat, Kamis (3/2/2016).

Menurut Imanuel, sepengetahuan dirinya, mengurus Ijin sepeti IMB tidak membutuhkan waktu yang lama sesuai program pemerintah Kota Kupang, tapi kenapa hingga saat ini IMB untuk pembangunan Masjid Batuplat belum keluar. Hal ini yang menjadi pertanyaan bagi dirinya dan sebagian besar warga Batuplat yang mengikuti pertemuan dengan Pemerintah Kota Kupang, dan Komnas HAM tahun 2015 yang lalu.

“Sebagian besar penduduk di Batuplat beragama Kristen, dan kami mau saudara-saudara kita yang muslim mempunyai rumah ibadah agar mereka bisa berdoa disitu. Yang disesalkan kenapa IMB belum keluar padahal warga disini sudah menunggu keluarnya ijin agar mereka bisa bersama-sama dan gotong royong membangun Masjid tersebut,” katanya.

Dikatakan, Kota kupang merupakan Kota Kasih sehingga warga Batuplat tidak mau mengikuti daerah lain yang selalu mempermasalahkan pembangunas rumah ibadah bagi warga minoritas agama tertentu.

“Saya minta kepada bapak Wali Kota jika persyaratan sudah lengkap, maka IMB segera dikeluarkan, karena kami semua warga Batuplat ingin berpartisipasi dalam pembangunan Mesjid itu,” katanya.

Menanggapi pertanyaan warga, Jonas Salean mengaku, secara resmi IMB dari Masjid tekah dikeluarkan hari ini, Kamis (4/2/2016) oleh Badan Pelayanan Perijin Terpadu (BPPT). Menurutnya keterlambatan pengurusan IMB Masjid Batuplat disebabkan panitia pembangunan terlambat mengajukan pengusulan IMB sehingga pengurusan IMB mengalami keterlambatan hampir setahun. Namun pagi tadi, dirinya telah mendapat laporan dari Kepala BPPT Kota Kupang bahwa IMB dari Masjid Batuplat telah rampung dan siap diberikan kepada panitia pembangunan Masjid.

Baca Juga :  Pilkada Flotim, hari ini Paket ANTERO dideklarasikan

“Setelah IMB terbit dan measjid siap dibangun, pemerintah akan buat syukuran bersama warga agar kerukunan umat beragama di Kota Kasih ini tetap langgeng,” pungkas Jonas. **

Penulis: Nyongki

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button