Home / News NTT / Di Luar Dugaan, Tahapan Pilkada Kota Kupang Dimulai 30 April 2016

Di Luar Dugaan, Tahapan Pilkada Kota Kupang Dimulai 30 April 2016

Ilustrasi.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2016 yang ditetapkan pada tanggal 13 April lalu, tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2017, dimulai pada 30 April Tahun 2016. Penetapan dan penjadwalan tahapan pilkada berlaku untuk semua daerah di Indonesia yang bakal menggelar pilkada serentak di tahun 2017.

Juru Bicara KPU Kota Kupang, Lodowick Fredik, kepada moral-politik.com di ruang kerjanya, Rabu (20/4/2016) siang menuturkan, penetapan oleh KPU pusat, lebih cepat dari prediksi awal oleh KPU Kota Kupang, bahwa tahapan baru akan dilakukan pada awal Mei 2016.

Menurut Fredik, sebagai langkah yang sudah diatur dalam PKPU Nomor 3 tahun tahun 2016, adalah tahapan persiapan, tahap persiapan awal akan dimulai dengan sosialisasi tahapan pilkada Kota Kupang. Setelah itu tahapan akan dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Untuk pembentukan PPK dan PPS, KPU akan melakukan perekrutan terlebih dahulu, kemudian dilakukan tes kelayakan, baru setelah PPK PPS direkrut secara resmi,” jelas dia.

Kemudian, pungkas Fredik, tahapan persiapan berikutnya, KPU akan melakukan pemutahiran data pemilih, yang dimulai pada 6 Agustus hingga 29 November. Setelah itu pada 30 November hingga 17 Desember, KPU akan menetapkan nama-nama yang akan dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Setelah penetapan DPT, KPU baru akan memasukan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb-1) pada 18 Desember hingga 4 Januari 2017.

Penulis: Nyongky
Baca Juga :  2 ribu umat ikut Misa Requiem di rumah duka Wabub Daniel Asa

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button