Home / News NTT / Fraksi Demokrat Pertanyakan Progress Dana PEM, Jonas Salean Menjawab

Fraksi Demokrat Pertanyakan Progress Dana PEM, Jonas Salean Menjawab

Wali Kota Kupang, Jonas Salean. (Foto: Nyongki)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Menanggapi pemandangan umum Fraksi Demokrat DPRD Kota Kupang, soal dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat ( PEM), Walikota Kupang, Jonas Salean, mengatakan, pola penyaluran dana PEM di Kota Kupang bagi masyarakat Kota Kupang selama ini sudah dilakukan dan sudah sedikit medongkrak perekonomian usaha kecil, sedangkan untuk pengentasan kemiskinan belum sepenuhnya berjalan, karena Dana PEM merupakan bantuan kepada masyarakat yang sudah mempunyai usaha untuk dikembangkan.

“Penyaluran tentu sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) yang ada yaitu untuk pengembangan usaha, dan bukannya program pengentasan kemiskinan,” kata Jonas Salean, di Kota Kupang, belum lama ini.

Menurut Salean, selama ini sasaran yang menjadi target penerima dana PEM di Kota Kupang sudah berjalan sesuai Juklak, yakni adalah warga yang telah miliki usaha minimal sudah berjalan selama tiga tahun, yang membutuhkan modal tambahan.

Selain itu, tambahnya, calon penerima dana PEM juga harus melalui verifikasi administrasi proposal dan faktual, yang dilanjutkan dengan reverifikasi administrasi proposal dan faktual lokasi oleh tim ahli dan tim teknis di bawah koordinasi Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Kupang. Usai di verifikasi, nantinya akan dilakukan rapat penetapan oleh lurah bersama Ketua RT dan RW dari calon penerima bantuan pengelola dana PEM, yang juga dihadiri oleh tim ahli dan tim teknis.

Berdasarkan hasil tersebut, Jonas mengaku, nantinya akan ditetapkan besaran dana bagi penerima bantuan, melalui keputusan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, atau LPM.

Meskipun begitu, di tahun 2016 ini, pemerintah akan membuat sedikit perubahan dalam penyaluran dana PEM kepada para pelaku usaha di Kota Kupang. Kalangan pedagang kecil yang berjualan sayur keliling, pedagang ikan keliling, dan pedagang-pedagang kecil lainnya, akan juga diberi bantuan dana PEM. Pwmweintah tinggal merubah Juklak penyaluran dana PEM agar dana itu bisa dirasakan pedagang kecil. **

Baca Juga :  Dugaan Selingkuh Pegawai Bank NTT Dengan PSK Eks Kalijodo, Akhirnya Istri Tarik Laporan!
Penulis: Nyongki

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button