MORAL-POLITIK.COM: Sebagai solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Kupang, ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemerintah Kota Kupang telah membiayai sebanyak 546 guru untuk meraih predikat Strata I (S1) di sejumlah perguruan tinggi di Kota Kupang. Dari jumlah tersebut, sudah sebanyak 442 yang meraih titel S1 dan telah mengabdi kembali di sekolahnya masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Jerhans Ledoh kepada moral-politik.com, di sela-sela upacara HUT Kota Kupang ke-20, yang berlangsung Senin (25/4/2016) berujar bahwa anggaran yang yang di siapkan pemerintah untuk membiayai 546 guru meraih gelar strata 1, berjumlah Rp. 3,5 miliar lebih, dan pemerintah hanya menanggung setengah dari biaya untuk meraih gelar sarjana.

“Memang pemerintah tidak menanggung semua biaya untuk meraih gelar sarjana. Anggaran yang di siapkan hanya setengah saja, dari total biaya pendidikan. Tapi bantuan itu merupakan motivasi bagi para guru untuk lebih berinisiatif meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk peningkatan kapasitas mereka,” kata dia.

Jerhans mengaku masih ada sebanyak 122 guru yang belum selesai kuliah, namun di perkirakan semua guru yang mengikuti program pendidikan ini sudah selesai melakukan study S1 paling lambat tahun depan. Dengan demikian pemerintah berhasil meningkatkan mutu guru dengan upaya sendiri dan diharapkan program ini dapat berjalan kembali sehingga para guru yang belum mendapat titel SI bisa terbantu untuk meraih gelar tersebut. **

Penulis: Nyongky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

66 − 56 =