MORAL-POLITIK.COM: Wacana koalisi besar untuk mendukung bakal calon Walikota Incumbent Jonas Salean sudah santer terdengar. Tapi saat ini ada beberapa partai yang digadang-gadang bakal masuk dalam koalisi besar itu masih memilih diam, bahkan lewat Ketua DPC masing-masing, mereka sepertinya satu suara dan mengaku masih menunggu hasil survey, karena hasil survey merupakan indikator dari masing-masing partai politik untuk mengusung calon walikota, dalam pemilihan Walikota Kupang tahun 2017 mendatang.

Ketua DPC Partai Hanura, Melkianus Balle, kepada wartawan mengaku, hingga kini DPC Partai Hanura belum menetukan balon walikota yang bakal diusung, karena Partai Hanura masih melakukan penjaringan balon walikota. Setelah penjaringan usai dilakukan, Partai Hanura kemudian akan membuat survey para balon Walikota Kupang, yang mendaftar, kemudian dari hasil survey tersebut akan direkomendasikan ke DPP Partai Hanura, dan selanjutnya DPP yang akan memutuskan siapa bakal calon yang akan diusung dalam pilwalkot nanti.

“Semua calon berpeluang diusung Partai Hanura, namun semuanya tergantung hasil survey dan keputusan DPP, berdasarkan rekomendasi dari DPC maupun DPD Hanura NTT. Itulah mekanisme yang ada di Partai Hanura,” kata Balle.

Ketika disinggung soal apakah Partai Hanura akan masuk bergabung bersama Koalisi Besar antara PDIP, Golkar, untuk mengusung Balon Incumbent Jonas Salean, Balle mengaku peluang itu bisa saja terjadi, namun semua keputusan ada di tangan DPP, dan ia menegaskan bahwa semua kandidat berpeluang yang sama.

Jawaban serupa juga muncul dari DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Kupang. Lewat Ketua DPC, Daniel Hurek, PKB bisa saja mendukung balon Walikota Incumbent Jonas Salean, jika pada akhirnya tidak ada partai yang mau menggandeng PKB untuk mengusung pasangan calon tertentu dalam pilkada.

“Kami masih menggunakan asas tahu diri. Kursi kami di DPR cuma tiga dan tidak cukup untuk mengusung calon sendiri. Kami harus berkoalisi dengan partai lain dan jika tidak ada partai lain yang mau bekerja sama dengan kami, maka kami akan memilih bergabung dengan koalisi partai lain dalam pilwalkot mendatang, karena pada dasarnya PKB ingin berpartisipasi dalam pilwalkot Kota Kupang,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

33 + = 34