MORAL-POLITIK.COM: Layanan bus transjakarta rute Kampus Universitas Indonesia-Manggarai mulai beroperasi pada Senin (25/4/2016) ini. Bus melintasi Jalan Raya Lenteng Agung, Pasar Minggu, Tebet hingga akhirnya tiba di Manggarai.

Bus transjakarta rute Kampus UI-Manggarai menjadi satu-satunya rute transjakarta yang sama sekali tidak bersinggungan dengan lajur khusus atau busway. Sebab, belum ada koridor busway yang dibangun di jalan-jalan yang dilintasi tersebut.

Pantauan Kompas.com, karena tak melintas di busway, bus transjakarta UI-Manggarau ikut terjebak dalam kemacetan yang rutin terjadi di jalan raya Lenteng Agung, Pasar Minggu, hingga Pancoran.

Akibatnya, waktu tempuh menjadi lama. Bus yang berangkat dari Halte UI sekitar pukul 08.00, baru tiba di Halte Manggarai sekitar pukul 09.45.

Menurut petugas on board yang sedang bertugas, Neni Setiowati, sebelumnya bus berangkat dari Manggarai sekitar pukul 06.15, dan tiba di Halte UI sekitar pukul 08.40.

“Jadi berangkat 1,5 jam, pulangnya 2 jam,” ujar dia.

Meski tidak melintas di busway, transjakarta rute Kampus UI-Manggarai tetap tidak berhenti di sembarang tempat. Berangkat dari Halte UI, bus terpantau hanya berhenti di halte yang tersedia di sepanjang kiri jalan, di antaranya Halte Universitas Pancasila, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Pasar Minggu, Halte, TMP Kalibata, dan RS Tria Dipa Pancoran.

Adapun tarif yang dikenakan sama dengan transjakarta pada umumnya, yakni Rp 3.500. Pembayarannya dilakukan di dalam bus dengan dua cara, yakni dengan kartu BCA Flazz ataupun dengan uang tunai.

Penulis  : Alsadad Rudi
Editor    : Ana Shofiana Syatiri
Sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 1 =