MORAL-POLITIK.COM: Pengamat politik Emrus Sihombing menyakini PDI-P akan mengajukan kadernya untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang. Emrus mengatakan, ada sejumlah alasan yang layak dipertimbangkan PDIP untuk mengajukan kadernya ke Jakarta.

Pertama, PDI-P menjadi satu-satunya partai politik yang dapat mengusung sendiri calonnya tanpa koalisi karena jumlah kursi di DPRD Jakarta yang memadai.

Hubungan antara PDI-P dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kata Emrus, juga kurang harmonis. “Bahkan saling sindir Ahok dan PDI-P sudah memasuki ranah pride atau harga diri,” katanya di Jakarta, Rabu (30/03/2016) .

Ketiga, kata dia, Jakarta merupakan Indonesia mini yang akan diperebutkan semua partai. DKI Jakarta menjadi barometer bagi partai politik sebelum pemanasan 2019.

Keempat, menurut Emrus, banyak kader PDI-P yang layak dan dapat diperjuangkan di Jakarta. “Yang mungkin paling kuat Risma (Walikota Surabaya),” katanya.

Alasannya, popularitas Risma saat ini memadai untuk diusung. Kinerjanya juga telah menjadi perbincangan banyak kalangan. Risma menurut dia, lawan yang sepandan untuk menyaingin Ahok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 67 = 68