Home / Populer / Ahok Kantongi 20 Persen Lebih Kursi DPRD DKI Jakarta, Partai Apa Saja?

Ahok Kantongi 20 Persen Lebih Kursi DPRD DKI Jakarta, Partai Apa Saja?

Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Partai Golkar akan segera mengumumkan dukungannya kepada bacagub DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk Pilgub DKI 2017. Jika didukung Golkar, Ahok sebenarnya memiliki cukup kursi untuk diusung lewat jalur partai politik.

Ahok saat ini sudah mengantongi dukungan dari Hanura yang punya 10 kursi di DPRD DKI dan Nasdem yang menduduki 5 kursi. Sementara itu, Golkar memiliki 9 kursi di DPRD DKI.

Dengan demikian, Ahok akan memiliki 24 kursi DPRD DKI jika didukung oleh Golkar. Jumlah kursi itu sudah melampaui syarat 20 persen kursi DPRD DKI bagi parpol atau gabungan parpol untuk mengusung cagub di DKI. Dalam satuan kursi, syarat untuk mengusung cagub di DKI adalah memiliki minimal 22 kursi DPRD.

Soal kursi DPRD ini juga sempat disinggung oleh Ketua Korbid Pemenangan Pemilu Jawa dan Sumatera Partai Golkar, Nusron Wahid. Nusro. menyebut Ahok membutuhkan dukungan parpol di DPRD untuk menyokong kinerjanya bila kembali terpilih dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2017.

“Ke depan dia tidak bisa sendirian tetap butuh parpol. Bangun daerah nggak bisa sendiri, harus bisa partner dengan parpol. Parpol yang mana? Yang mau mensupport. Dia kan butuh dukungan anggaran, policy, regulasi. Ubah regulasi kalau enggak didukung DPRD kan enggak bisa,” ujar Nusron di Markas Teman Ahok, Graha Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis (9/6/2016).

Baca Juga :  Eva K Sundari : Peluang Jokowi Capres hanya dari PDIP...

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button