Home / Sejarah / Akhirnya SBY Ungkap Utang Indonesia Sejak Era Soekarno Dilunasinya Tahun 2006!

Akhirnya SBY Ungkap Utang Indonesia Sejak Era Soekarno Dilunasinya Tahun 2006!

Presiden Joko Widodo menerima Chairman Global Green Growth Institute Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengakui pernyataan Presiden Jokowi Jika Indonesia hingga kini masih memiliki utang luar negeri. Hanya saja, utang tersebut menurutnya telah ada sejak era kepemimpinan Presiden Soekarno.

Pernyataan ini disampaikan SBY untuk menanggapi sekaligus mengkoreksi pernyataan Presiden Jokowi terkait utang Indonesia ke Dana Moneter International (IMF).

Dalam laman Facebook resmi miliknya, SBY memposting Surat Terbuka pada Rabu (28/04/2015).

“Utang Indonesia ada sejak era Presiden Soekarno. Meskipun, ketika saya memimpin Indonesia (2004-2014) rasio utang terhadap GDP terus dapat kita turunkan. Jika akhir tahun 2004 rasio utang terhadap GDP itu sekitar 50,6 %, di akhir masa jabatan saya tinggal sekitar 25 %. Artinya, jika dulu separuh lebih GDP kita itu untuk menanggung utang, maka tanggungan itu telah kita turunkan menjadi seperempatnya, “ jelas Presiden RI ke-6 ini.

Dalam Surat Terbuka yang diposting sekitar pukul 10.33 WIB, SBY juga mengoreksi pernyataan Presiden jokowi terkait utang Indonesia pada IMF. SBY bahkan mengaku telah melunasi hutang pada IMF sekitar tahun 2006.

“Maaf, demi tegaknya kebenaran, saya harus mengatakan bahwa seluruh utang Indonesia kepada IMF sudah kita lunasi pada tahun 2006 yang lalu. Keseluruhan utang Indonesia terhadap IMF adalah US$ 9,1 miliar, jika dengan nilai tukar sekarang setara dengan Rp. 117 triliun, dan pembayaran terakhirnya kita lunasi pada tahun 2006, atau 4 tahun lebih cepat dari jadwal yang ada. Sejak itu kita tidak lagi jadi pasien IMF,” ungkap SBY.

Sumber: rimanews.com
Baca Juga :  CIA Berupaya Menggagalkan Konferensi Asia Afrika?

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button