Home / Populer / Cerita RI minta Israel Hentikan Bangun Pemukiman Ilegal di Tanah Palestina

Cerita RI minta Israel Hentikan Bangun Pemukiman Ilegal di Tanah Palestina

Pembangunan perumahan warga Israel di tepi barat perbatasan dengan Palestina. bbc.co.uk ©2012 Merdeka.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri pertemuan tingkat Menteri tentang proses perdamaian di Timur Tegah, di Paris, Prancis (3/06). Pertemuan yang diprakarasi oleh Pemerintah Prancis, dihadiri 27 Menlu serta Sekjen PBB dan Sekjen Liga Arab.

“Sebagai negara Islam terbesar di dunia, Indonesia akan terus berikan dukungan politis serta bantuan kemanusiaan dan pembangunan yang dibutuhkan untuk dorong tercapainya perdamaian di Palestina,” tegas Menlu RI, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima merdeka.com, Ahad (5/6).

Diundangnya Indonesia merupakan pengakuan masyarakat international terhadap peran aktif Indonesia dalam mendorong perdamaian baik di tingkat kawasan maupun global. Hal ini juga ditegaskan para Menlu dengan menyampaikan apresiasi kepada Indonesia yang telah menyelenggarakan KTT Luar Biasa OKI mengenai Palestina dan Al-Quds Al-Sharif pada Maret 2016 lalu.

Dalam pertemuan, para Menlu menegaskan kembali dukungannya untuk mencari solusi yang adil, abadi dan komprehensif bagi konflik Palestina-Israel yang telah berlangsung selama 50 tahun. Para Menlu menekankan bahwa perdamaian abadi antara Palestina-Israel hanya dapat tercapai melalui negosiasi untuk mencapai two-state solution di mana kedua negara, Palestina dan Israel, hidup berdampingan secara aman dan damai.

“Masyarakat internasional perlu dorong semua upaya guna tercapainya kesepakatan two-state solution bagi perdamaian Palestina-Israel berdasarkan batas kedua negara tahun 1967 sesuai resolusi PBB tutur Menlu Retno.

Para Menlu di Paris juga menggarisbawahi bahwa keadaan status-quo saat ini tidak dapat dipertahankan. Mereka menegaskan pentingnya agar Israel dan Palestina segara ambil langkah dan kebijakan yang menunjukkan komitmen terhadap perundingan untuk mencapai two-state solution.

“Palestina dan Israel harus segera mengambil langkah untuk menghentikan kekerasan, menghentikan pembangunan pemukiman ilegal di tanah Palestina, dan memastikan keamanan guna ciptakan kondisi kondusif untuk perundingan perdamaian,” jelas Menlu RI.

Baca Juga :  Ahok: Jokowi Akan Keluarkan Perpres Baru soal Reklamasi

Guna mendukung proses perundingan perdamaian kedua negara, para Menlu menyampaikan kesiapannya untuk memberikan insentif termasuk bantuan kapasitas dan kerja sama ekonomi kepada Palestina dan Israel. Para Menteri juga sambut baik rencana Pemerintah Perancis untuk mengadakan konperensi perdamaian internasional untuk proses perdamaian Timur Tengah yang diharapkan dapat dilaksanakan sebelum akhir tahun 2016.

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button