Home / News NTT / Ketua KNPI NTT: Penegak Hukum Usut Kasus Alkes & Rumah Sakit Jiwa Naemata!

Ketua KNPI NTT: Penegak Hukum Usut Kasus Alkes & Rumah Sakit Jiwa Naemata!

Gedung Rumah Sakit Jiwa Naemata, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Foto: Semar Dju)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nusa Tenggara Timur (NTT), Hermanus Boki meminta aparat penegak hukum untuk melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan korupsi dana alat kesehatan yang di danai dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Provinsi NTT di beberapa daerah yang ada di NTT.

Pasalnya, kata dia, patut diduga bahwa pengadaan Alkes yang di lakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTT menuai pemasalahan.

“Karena itu saya minta kepada aparat penegakan hukum yaitu kepolisian, kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar menindaklanjuti persoalan di Dinkes NTT, yaitu terhadap pejanat pembuat komitmen atas nama Nyoman Saniambara, yang setiap tahunnya mengelola dana puluhan miliar itu,“ ujar Hermanus Boki kepada moral-politik.com, sabtu (11/6/2016) di Kota Kupang.

Boki mengira bahwa persoalan ini pihak aparat penegak hukum harus mengambil tidakan terhadap persoalan Alkes tersebut, supaya ada efek jera kepada oknum-oknum yang selalu ambil keuntungan itu.

Selain itu juga, menurut Boki, pihak kepolisian dan kejaksaan dimintanya untuk mengusut kembali terkait pembangunan rumah sakit jiwa tersebut yang kuat dugaan syarat KKN.

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, sesuai informasi yang berhasil dihimpun wartawan, adanya biaya operasional yang di alokasikan tahun 2012 senilai Rp 1 miliar. RSJ Naimata memiliki dua gedung berdampingan. Gedung pertama dibangun tahun 2005 menelan anggaran Rp 10 miliar tetapi belum difungsikan sampai hari ini.
Tahun 2010/2011 pemprov NTT kembali membangun gedung kedua RSJ yang berdampingan gedung pertama. Gedung kedua ini diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp 5 miliar. Tetapi kondisi fisik bangunan itu mirip asrama atau barak penampungan, dengan ukuran sekitar 15 x 25 m2 untuk bangunan kedua, dan ukuran 15 x 15 m2 untuk gedung pertama.

Baca Juga :  Satpol PP Tertibkan Bangunan Warga, Jembatan Kembar Liliba Akan Dibangun
Penulis: Semar Dju

Pencarian Terkait:

  • Nyoman saniambara

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button