Home / Sains / Kisah Kejujuran Orang Korea tentang Pariwisata Indonesia

Kisah Kejujuran Orang Korea tentang Pariwisata Indonesia

KOMPAS.COM/AMIR SODIKIN. Candi Borobudur

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Dua travel agent terbesar di Korea Selatan terang-terangan mengutarakan kritiknya soal titik lemah pariwisata Indonesia. Mereka tidak basa basi bertestimoni di depan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan tim di Conrad Hotel, Seoul, Kamis (2/6/2016).

Keduanya adalah Hana Tour yang memiliki market share hampir 20 persen dari outbond Korea yang hampir 20 juta itu. Persisnya 19.310.430 orang Korea jalan-jalan liburan ke luar negeri.

Satu lagi Mode Tour International yang mengelola 1,8 juta wisatawan dari Korea ke luar negeri. Mode Tour memiliki lebih dari 1.250 tenaga kerja untuk menangani outbond Korea itu.

Apa kritik mereka? “Orang Korea belum banyak yang tahu Indonesia selain Bali. Kami bahkan tidak tahu Borobudur ada di mana? Apa menariknya?” kata Hong Ki Jung, Vice Chairman of Mode Tour, yang dibenarkan Kim Jin Young, Manager of Mode Tour dan Yoon Ju Young, Deputy Manager Mode Tour.

Pernyataan senada juga disampaikan Kim Jim Kook Presiden Hana Tour dan Kim Chang Hum, GM Hana Tour dan Joo Nan Soo.

jujur1ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Hong Ki-jung (tengah), Vice Chairman Mode Tour, salah satu travel agent terbesar di Korea Selatan didampingi kedua direkturnya melakukan one-on-one meeting dengan Menteri Pariwisata Aref Yahya di Hotel Conrad, Seoul, Kamis (2/6/2016).

Mendengar pengakuan itu, Menpar Arief Yahya, Dubes RI untuk Korsel John Prasetyo, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana, Asdep Asia Pasifik Vincensus Jemadu yang berada di ruangan itu hanya bisa bengong.

Baca Juga :  Teknologi informasi di pengadilan jangan seperti mobil ditarik kuda

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button