Home / Sejarah / ‘Kota Kuno Bawah Laut’ Berusia 5 Juta Tahun Ini Ternyata…

‘Kota Kuno Bawah Laut’ Berusia 5 Juta Tahun Ini Ternyata…

Penemuan yang awalnya dikira sebagai bagian dari 'kota kuno' (UEA).

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Beberapa orang penyelam menemukan benda mirip ban dan dasar laut yang tampak beraspal di dekat Pulau Zakynthos, Yunani. Atas temuan tersebut, mereka mengira bahwa daerah itu dulunya merupakan kota kuno.

Namun dugaan mereka salah, karena menurut ilmuwan temuan tersebut terbentuk secara alami.

Penelitian baru yang dipublikasi di jurnal Marine and Petroleum Geology mengungkap, benda yang diduga berasal dari dari kehidupan kuno itu sebenarnya terbentuk karena fenomena geologi yang terjadi sekitar 5 juta tahun lalu.

“Situs yang tadinya diduga merupakan peninggalan arkeologis itu ditemukan oleh wisatawan yang sedang berenang dan mereka berpikir menemukan sebuah batu hasil kerajinan tangan manusia,” ujar ketua penelitian, Profesor Julian Andrews dari University of East Anglia’s School of Environmental Sciences.

Pihak berwenang Yunani kemudian menyelidiki tempat itu. Namun mereka tak menemukan bukti bahwa lokasi tersebut dulunya merupakan sebuah kota.

“Secara misterius, tak ada tanda-tanda peradaban — seperti tembikar,” ujar Andrew.

Setelah dilakukan analisa awal, Andrews dan Profesor Micahael Stamatakis dari Departemen Geologi dan Geoenvironment di University of Athens kemudian meneliti kandungan mineral dan tekstur temuan tersebut.

“Kami menyelidiki situs tersebut, yang terdapat di antara 2 dan 5 meter di bawah laut dan menemukan bahwa benda itu terbentuk karena fenomena geologi yang terjadi secara alami,” jelas Andrews.

Baca Juga :  Menelusuri "Gedung Berhantu" yang Pernah Jadi Markas PKI

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button