Home / News NTT / Lodowik Fredik: DPP Bisa Daftarkan Calon Peserta Pilkada ke KPU…

Lodowik Fredik: DPP Bisa Daftarkan Calon Peserta Pilkada ke KPU…

Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Kupang, Lodowik Fredik. (foto: nttonline.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Berdasarkan undang-undang baru soal pemilihan kepala daerah, yang belum diberi nomor namun sudah disahkan, pucuk pimpinnan tertinggi dari setiap partai politik (Parpol), dalam hal ini Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing Parpol di Indonesia, bisa mendaftarakan calon kepala daerah, baik itu calon gubernur, wali kota dan bupati.

“DPP tidak hanya sekedar mendaftar calon presiden saja. Jadi kalau ada masalah internal partai di tingkat pengurusan bawah, soal pencalonan kepala daerah, DPP bisa mengambil alih pendaftaran calon kepala daerah, dengan mendatangi komisi pemilihan umum (KPU) setempat,” ujar Juru Bicara KPUD Kota Kupang, Lodowik Fredik kepada moral-politik.com, di ruang kerjanya, Kamis (9/6/2016) siang.

Menurutnya, untuk pendaftaran bakal calon (Balon) kepala daerah yang diusung Parpol tertentu untuk tingkat kabupaten/kota, maupun gubernur, hanya bisa dilakukan bila pengurus DPC tingkat kabupaten/kota, DPD tingkat, berdasarkan rekomendasi dari DPP dari setiap Parpol peserta pemilu.

Namun dalam pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2017, tambah dia, DPP bisa mendaftar langsung Balon kepala daerah apabila terjadi konflik dalam internal partai.

Di setiap pendaftaran calon kepala daerah oleh DPP, jelas Fredik, setiap Parpol wajib menyertakan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan HAM tentang kepengurusan yang sah, setelah pendaftaran yang melampirkan SK dari Kemenhukum dan HAM, pihak KPUD dari masing-masing daerah kemudian akan langsung melakukan verifikasi dengan pihak Kemenhukum HAM, soal SK yang dilampirkan dalam pendaftaran setiap Balon Kepala Daerah.

“Dengan sistem seperti ini, bisa meminimalisir kericuhan soal dukungan ganda di tingkat pengurusan partai di tingakat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi,” pungkas dia.

Penulis: Nyong
Baca Juga :  Wabub Asa: Sekolah yang tak layak akan dibangun baru !

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button