Home / Populer / Mantap! Ryamizard Ryacudu Tolak Bantuan Dana AS 26,5 Milyar

Mantap! Ryamizard Ryacudu Tolak Bantuan Dana AS 26,5 Milyar

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menolak bantuan Pentagon senilai USD 2 juta atau setara Rp 26,5 miliar dari Pentagon untuk Kerja sama Keamanan Maritim Asia Tenggara (MSI) di Laut Cina Selatan. Menurut Ryamizard, saat ini pemerintah masih mampu menggunakan anggaran sendiri untuk alat utama sistem pertahanan.

“Enggak usah, saya sampaikan terima kasih. Kita masih ada lah kalau buat gitu-gitu saja,” kata Ryamizard di Kantornya, Jakarta, Rabu (13/4). Namun dia mengakui bantuan program bernama Kerja Sama Keamanan Maritim Asia Tenggara juga tak hanya Amerika Serikat, tapi China dan Singapura juga ingin membantu Indonesia.

Akan tetapi, pemerintah Indonesia menolak bantuan itu karena anggaran militer sudah ditentukan. “Negara kita besar mampu. Natuna terutama, kita juga enggak perang sama siapa? Teroris? Bencana? Enggak perlu sebesar itu,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Amerika Serikat dalam laporan yang dilansir the Diplomat, Minggu (10/4), menggelontorkan dana besar untuk peningkatan kapasitas militer negara-negara Asia Tenggara.

Tujuan pemberian bantuan ini dalam rangka menghadang pengaruh China di Laut China Selatan. Anggaran ini masuk dalam program bernama Kerja sama Keamanan Maritim Asia Tenggara (MSI).

Indonesia, dalam dokumen yang sudah disetujui Kongres AS ini, turut memperoleh bantuan senilai USD 2 juta (setara Rp 26,5 miliar) dari Pentagon.

Kendati Indonesia bukanlah negara yang terlibat langsung dalam sengketa wilayah Laut China Selatan, namun AS merasa armada laut Indonesia dapat berperan besar menjadi penyeimbang kekuatan di kawasan.

Baca Juga :  PDI-P tanggapi Prabowo soal bantuan kepada kaum Rohingya

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button