Home / News NTT / Mereka Ini Bicara soal Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang

Mereka Ini Bicara soal Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang

Ilustrasi. (Foto: seputar-ntt.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sebagai upaya mendukung kampanye Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) soal kasus perdagangan orang (Human Traficking), Lembaga Rumah Perempuan Kupang (RPK), bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Kupang, menyelenggarakan program kegiatan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PTPPO).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Olive Kupang, Senin (13/6/2016), menlibatkan sebanyak 20 lebih pemangku kepentingan yang ada di wilayah Kota Kupang yakni Bagian Pemberdayaan Perempuan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pendidikan, dan para turu baik dari tingkat SMP maupun SMA.

Direktris RPK Libby Ratuarat-Sinlaeloe dalam acara pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, peran pemerintah terutama dinas-dinas terkait sangat diperlukan untuk meminimalisir berbagai kasus tindak kekerasan yang kian marak terjadi saat ini.

“Kota Kupang selalu dijadikan kota transit pengiriman tenaga kerja luar negeri. Dengan kondisi seperti, banyak banyak calon TKW yang kebanyakan masih berusia anak-anak sering ditampung pada tempat-tempat yang sering tersenbunyi, sehingga butuh kerja keras dari semua elemen untuk mencegah kasus seperti ini terus terjadi,” kata dia.

Libby mengakui, untuk menangani kasus tindak kekerasan seringkali sulit dilakukan karena kejahatan seperti ini biasanya teroganisir secara rapi, namun dengan sedikit kerja keras dari semua pihak maka, tindak kekerasan seperti yang marak terjadi saat ini bisa diminimalisir.

“Kota Kupang saat ini telah dibentuk enam gugus tugas di enam kecamatan di Kota Kupang, sehingga informasi ini sangat perlu untuk disampaikkan kepada masyarakat di Kota Kupang maupun di sekolah-sekolah dalam pencegahan TPPO, karena upaya mencegah terjadinya TPPO di Kota Kupang merupakan tanggung jawab bersama,” jelas dia.

Sehingga, tambahnya,  tujuan dari kegiatan ini kira peserta dapat memahami tentang tugas dinas pendidikan dalam melakukan pencegahan TPPO, dan juga dapat meningkatkan ketrampilan peserta dalam melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan dalam melakukan kampanye pencegahan

Baca Juga :  Hyronimus Fernandez akan entaskan NTT dari kemisikinan

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button