Home / Sejarah / Sejarah Ulah Kapal-kapal China Curi Ikan yang Menggeramkan Dunia

Sejarah Ulah Kapal-kapal China Curi Ikan yang Menggeramkan Dunia

Kapal Perang Peserta Komodo 2016 Tiba di Perairan Teluk Bayur. ©puspen TNI/Kabid Publikasi dan Dokumentasi MNEK 2016

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pada Jumat (17/6) lalu, pukul 04.25 WIB, patroli TNI Angkatan Laut memergoki 12 kapal ikan asing di kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Natuna.

Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi menyatakan belasan kapal ikan asing tersebut diyakini TNI sedang melempar jaring untuk mencuri ikan. Kapal KRI Imam Bonjol akhirnya dikerahkan untuk menangkap mereka. Belakangan diketahui kapal yang diburu itu adalah kapal nelayan berbendera China, Han Tan Cou 19038.

“Kapal TNI meminta agar kapal tersebut mematikan mesin. Baik melalui radio komunikasi maupun pengeras suara. Permintaan tersebut diabaikan dan kapal ikan asing menambah kecepatannya,” ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menceritakan kronologi kejadian di hadapan Komisi I DPR RI.

Karena berusaha kabur, kapal TNI AL akhirnya memberikan tembakan peringatan, baik ke udara maupun ke perairan. Dari belasan target operasi, hanya satu kapal asing yang berhasil diberhentikan. Saat diamankan, di kapal tersebut terdapat 7 ABK, terdiri dari 6 laki-laki dan 1 perempuan.

Tak hanya Indonesia, aksi penangkapan ikan secara ilegal oleh China menjadi masalah di seluruh dunia. Padahal, pelbagai tindakan tegas sudah dilakukan, mulai dari penenggelaman, memperberat sanksi hingga berbagai hukuman lainnya, tapi tetap tak membuat para nelayan China ketakutan.

Situs The Huffington Post melaporkan, kapal nelayan China kerap melakukan pelanggaran wilayah saat mencari dan menangkap ikan di laut lepas. Mulai dari Laut Barat Korea, Laut China Timur, Laut China Selatan, Samudra Hindia, bahkan sampai pesisir pantai Amerika Selatan.

Berikut kasus kapal nelayan China membuat geram empat negara selain Indonesia:

Baca Juga :  Dunia Pers Indonesia Sedang Digerogoti Jurnalisme Curiga

< 1 2 3 4 5>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button