Home / Sains / Siapa Lebih Unggul, Kekuatan Militer Indonesia Jika Perang dengan China

Siapa Lebih Unggul, Kekuatan Militer Indonesia Jika Perang dengan China

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Hubungan Indonesia dan China kian memanas setelah China mengklaim perairan Natuna sebagai bagian wilayah perairan perikanan tradisional mereka. Mereka juga memprotes penembakan kapal nelayan yang mencuri ikan di sana.

Memanasnya hubungan RI-China sebenarnya bermula kala negara berpenduduk lebih dari satu miliar jiwa itu mengklaim kepemilikan Kepulauan Natuna yang dianggap masuk wilayah teritori mereka di Laut China Selatan. Bahkan, pemerintah China telah memasukkan Natuna ke dalam peta terbaru mereka.

Ulah China itu jelas mengundang reaksi keras dari pemerintah Indonesia. Ya, armada kapal perang dan pesawat tempur kemudian disiagakan di kawasan Natuna guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bicara kemungkinan terburuk yakni perang melawan China, dalam hal jumlah personel maupun alutsista Indonesia mungkin kalah jauh. Namun, dengan skill yang dimilikinya TNI jelas lebih sangar dengan segudang prestasi yang telah ditorehkannya. Bahkan, kekuatan militer Indonesia mulai diperhitungkan dunia internasional dengan masuk urutan ke-15 di dunia tahun 2015 lalu.

Apalagi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sangat yakin akan kekuatan yang dimiliki militer Indonesia. Panglima menjamin Natuna aman.

Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari laman Global Firepower Index (GFP) seperti dilansir batamnews.com.id (grup medansatu.com), Sabtu (25/6/2016).

1. INDONESIA

Pasukan aktif 438.410 personel
Pasukan cadangan 400.000 personel

Baca Juga :  Media asing sorot Beruang Madu kelaparan di Kebun Binatang Bandung

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button