Home / Sains / 5 Mitos tentang Dinosaurus, Jangan Sampai Anda Percaya!

5 Mitos tentang Dinosaurus, Jangan Sampai Anda Percaya!

VOA -- Ilustrasi nanuqsaurus, versi kerdil T. rex.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada 1676. Hingga 4 abad sesudahnya kini, pengetahuan manusia tentang hewan tersebut masih belum lengkap. Ada banyak mitos tentang dinosaurus yang tidak benar sama sekali. Berikut diantaranya:

Tak Semua Dinosaurus Berukuran Besar

Dinosaurus diasosiasikan dengan ukuran raksasa. T-rex misalnya, punya pajang 12 meter dan berat badan hingga 5 ton. Argentinosaurus diperkirakan punya panjang 30 meter dan berat 80 ton.

Namun ternyata tidak semua dinosaurus berukuran raksasa. Protoceratops hanya berukuran sebesar domba. Velociraptor berukuran sebesar anjing golden retriver, Hesperonychus raptor hanya seukuran kucing, dan Tianyulong pemakan tumbuh-tumbuhan seukuran kelinci.

Dinosaurus Belum Tentu Bersisik

Dinosaurus dihubungkan dengan buaya atau kadal yang bersisik. Memang, banyak dinosaurus yang bersisik tetapi ternyata tak semua.

Tahun 1970-an, paleontolog mulai berpikir, beberapa dinosaurus mungkin berbulu dan memiliki hubungan kekerabatan dengan burung. Dinosaurus karnivora kecil Sinosauropteryx yang ditemukan tahun 1997 berbulu halus.

Kenyatannya memang demikian. Dinosaurus berbulu pun terus bermunculan seiring penelitian dilakukan. Ornithopoda yang pemakan tumbuhan dan Heterodontosaurus adalah dinosaurus berbulu. Bahkan, T-rex pun mungkin bukan bersisik.

Baca Juga :  Sidang Praperadilan, Hakim diminta bebaskan Marthen Dira Tome

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button