Home / Olahraga / Akhirnya Ronaldo Melejitkan Portugal ke Final Piala Eropa

Akhirnya Ronaldo Melejitkan Portugal ke Final Piala Eropa

PHILIPPE DESMAZES/AFP -- Cristiano Ronaldo merayakan gol Portugal ke gawang Wales pada semifinal Piala Eropa di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Rabu (6/7/2016).

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Portugal melaju ke final Piala Eropa setelah menang 2-0 atas Wales di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Rabu (6/7/2016). Cristiano Ronaldo menjadi protagonis dengan sumbangan masing-masing satu gol dan assist.

Dengan tambahan tersebut, Ronaldo berdiri setara dengan Michel Platini sebagai top scorer Piala Eropa sepanjang masa. Keduanya sama-sama mengoleksi sembilan gol.

Statistik Portugal terlihat superior dalam pertandingan kali ini. Mereka mengungguli Wales dalam hal penguasaan bola dan peluang.

Menurut rekaman UEFA, Portugal melepaskan 8 tembakan tepat sasaran dari 16 usaha. Adapun Wales cuma melepaskan 3 tendangan ke arah gawang dari 9 usaha.

Akan tetapi, hanya sebagian kecil peluang tercipta pada paruh pertama. Bahkan, tidak satu pun tembakan Portugal menemui gawang sebelum jeda.

Baru pada menit ke-50, Ronaldo mengakhiri kebuntuan Portugal. Dia memanfaatkan umpan lambung dari Raphaël Guerreiro untuk menanduk bola ke gawang Wales.

Gol ini seolah meruntuhkan mental Wales. Hanya tiga menit berselang, jala Wayne Hennessey kembali bergetar berkat aksi Ronaldo.

Kali ini, sang kapten berganti peran menjadi pelayan. Dia melepaskan umpan datar ke depan gawang untuk diteruskan oleh Luis Nani.

Portugal tidak lantas menurunkan intensitas serangan meski unggul dua gol. Ada sejumlah peluang lain, seperti tendangan bebas Ronaldo dan tandukan Jose Fonte, tetapi belum membuahkan hasil.

Begitu pula usaha Wales guna mengejar ketinggalan. Pada menit-menit akhir, bola tembakan jarak jauh Gareth Bale masih bisa dihalau oleh Rui Patricio.

Skor 2-0 menutup pertandingan ini. Portugal pun berhak tampil di final Piala Eropa untuk kedua kalinya.

Portugal: 1-Rui Patricio; 21-Cedric, 2-Bruno Alves, 4-Jose Fonte, 5-Raphael Guerreiro; 10-Joao Mario, 13-Danilo, 23-Adrien Silva, 16-Renato Sanches; 17-Nani, 7-Cristiano Ronaldo
Pelatih: Fernando Santos

Baca Juga :  Liga Champions : Pesta gol Real Madrid & rekor Leicester...

Wales: 1-Wayne Hennessey, 2-Chris Gunter, 5-James Chester, Collins, 6-Ashley Williams, 2-Neil Taylor, 7-Joe Allen, 16-Joe Ledley, 8-Andy King, 11-Gareth Bale, 9-Hal Robson-Kanu
Pelatih: Chris Coleman

Penulis  : Anju Christian
Editor    : Anju Christian/Erny
Sumber : Kompas.com

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button