Home / News NTT / Andre Koreh Sebut Setiap Tahun Dinas PU NTT Membangun 100 Embung !

Andre Koreh Sebut Setiap Tahun Dinas PU NTT Membangun 100 Embung !

Kepala Dinas PU NTT, Andre W. Koreh ketika berdialog dengan RRI Kupang, di Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, Kamis (21/7/2016). Foto: Semar Dju.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Andre W. Koreh mengatakan, pihaknya selalu membangun 100 embung di kabupaten/kota yang ada di NTT, sebab kami membangun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) NTT bisa mendapatkan 10 embung atau 20 embung, yang sesungguhnya jauh dari target.

Mantan Kepala Biro Penyusunan Program pada Setda Provinsi NTT ini menambahkan, dari Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II bisa membangun 100 buah embung per tahun.

“Ini artinya ada niat yang memang harus serius dari pemerintah untuk mengatasi persoalan-persoalan kelangkaan air melalui pembangunan embung,“ kata Andre W. Koreh ketika berdialog dengan RRI Kupang, di lokasi Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, Kamis (21/7/2016) petang.

Mantan Ketua KNPI NTT ini menjelaskan pula, saat ini NTT membutuhkan 4.000 buah embung. Sampai hari ini kita sudah mendapatkan 900 lebih embung, belum sampai 1.000 lebih embung. Sedangkan dari 9.000 lebih embung itu, hanya 200 embung yang baik, yang lainnya masih perlu direhabilitasi lagi.

ak1Foto: Semar Dju

Ketua Harian KONI NTT ini menjelaskan pula, untuk tercapainya semua target tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar, termasuk embung irigasi. “Kalau embung kecil dibangun dengan nilai sekitar Rp. 1 Milyar hingga Rp 2 Milyar,“ sambung dia.

Pembangunan embung itu sendiri, urai dia, tergantung kapasitas dan luas area. Sedangkan kalau kita membutuhkan 4.000 embung berarti cukup banyak lahan yang harus kita peroleh.

“Itu makanya kita paham kompensasi, karena banyak sekali masyarakat NTT yang minta dibangun embung, sedangkan tidak semua lokasi bisa mendapatkan atau dibangun embung,“ pungkas Mahasiswa Program Doktoral Undana Kupang ini.

Penulis : Semar Dju
Editor   : Erny
Baca Juga :  Kota Kupang: Akibat Baku Lempar Antar Sekolah, Jalan Siliwangi Macet Parah

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button