Home / News NTT / Dan Hurek Perkirakan PAD Bersih dari Parkiran Setiap Tahun Rp.40 Milyar Lebih!!

Dan Hurek Perkirakan PAD Bersih dari Parkiran Setiap Tahun Rp.40 Milyar Lebih!!

Ilustrasi Juru Parkir. (Foto: waspada.co.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Ketua Fraksi Gabungan Kebangkitan Indonesia, Daniel Hurek mengatakan, kerja keras Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan selama ini telah membuahkan hasil yang menggembirakan. Hal itu terlihat dari meningkatnya pendapatan perkapita rakyat, angka kelahiran dan kematian bayi yang menurun, Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) dari seluruh sekolah di Kota Kupang beserta tingkat kelulusannya cukup tinggi.

Selain itu, Daniel Hurek juga mengatakan, keberhasilan Pemkot juga terlihat pada kondusifnya iklim investasi dan keamanan di Kota Kupang. Keberhasilan juga terlihat dari meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahun, terlebih realisasi dari PAD selalu melampaui target dari yang ditetapkan.

Namun dari semua keberhasilan tersebut, menurut Daniel Hurek, khusus untuk PAD, Pemkot seharusnya bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar jika dioptimalkan secara baik.

Ia menjelaskan, PAD dari obyek parkiran saat ini sebesar Rp. 769.562.000. Sedangkan kalau dihitung jumlah kendaraan roda dua dan roda empat sesuai statistik di Kota Kupang sebanyak 142.561 unit. Dan dari jumlah tersebut, jika dikalikan dengan Rp. 2.000 untuk sekali parkir dalam satu hari, maka akan mendapatkan jumlah sebesar Rp.285.122.000. Untuk Satu bulan maka akan sebesar Rp.8.553.660.000.

Dari jumlah tersebut, Daniel Hurek melanjutkan, jika diakumulasi per tahun maka akan mencapai Rp.102.643.920.000 Ribu.

Dari total dana tersebut, dirincikan, jika 60 persen dana tersebut diberikan bagi pengelola, dan Pemerintah mendapatkan 40 persen, maka PAD dari retribusi parkir di Kota Kupang bisa mencapai Rp.40 Miliar lebih. Karena itu, ia menghimbau, Pemkot sebaiknya mengoptimalkan PAD dari retribusi parkir, agar total PAD Kota Kupang bisa bertambah. Sehingga, dana tersebut bisa digunakan untuk pembangunan serta pelayanan lainnya bagi masyarakat Kota Kupang.

Baca Juga :  Tim SAR Gabungan mencari anak hilang di Sikka

Ia juga berharap, selain obyek parkiran, Pemkot juga bisa mengoptimalkan obyek atau pos-pos PAD lainnya yang belum dioptimalkan.

Penulis: Nyong

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button