Home / Sains / Ditemukan untuk Pertama Kali, Sebuah Bintang Berawan

Ditemukan untuk Pertama Kali, Sebuah Bintang Berawan

Joy Pollard | Gemini Observatory/AURA -- Ilustrasi bintang katai coklat WISE 0855 dengan awan air di sekitarnya.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Awan yang terdiri atas air tak cuma ada di Bumi tetapi juga di dunia yang masih jauh dari jangkauan manusia, dunia luar tata surya.

Andrew Skemer dari University of California di Santa Cruz dalam publikasinya di Astrophysical Journal Letters minggu ini membuktikannya.

Melakukan penelitian selama 13 malam dengan teleskop Gemini North di Hawaii, Skemer berhasil mengungkap keberadaan awan di sebuah obyek bernama WISE 0855.

Obyek yang berjarak sekitar 68 miliar kilometer dari Bumi tersebut ditemukan pada tahun 2014 lewat Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE), program milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Skemer menemukan awan di sekitar WISE 0855 dengan melihat spektrum gelombang inframerah. Analisis data spektrum gelombang mampu memberikan petunjuk komposisi kimia sebuah benda langit.

“Spektrum kami menunjukkan adanya uap air dan awan dengan tingkat penyerapan yang hampir sama dengan awan di Jupiter,” kata Skemer seperti dikutip Tech Times, Sabtu (9/7/2016).

“Spektrum yang dihasilkan punya kualitas yang cukup tinggi sehingga memungkinkan penelitian dinamika dan proses kimia yang sebelumnya dilakukan pada Jupiter,” imbuhnya.

Baca Juga :  Terlalu jarang bercinta bisa berpengaruh pada Miss V...?

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button