Home / Populer / Duh! Bupati Cantik Ini Diduga Terlibat Korupsi Rp 24 Miliar…

Duh! Bupati Cantik Ini Diduga Terlibat Korupsi Rp 24 Miliar…

Salah satu tersangka korupsi Rp 24 miliar menyebut bupati cantik itu yang membuat rencana kegiatan hingga pengaturan rekanan pemenang. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulsel menetapkan dua orang sebagai tersangka dugaan korupsi proyek Dana Insentif Daerah (DID) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) senilai Rp 24 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2011.

Kedua tersangka itu adalah Agung selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Sariming, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lutra yang bertindak selaku Pengguna Anggaran (PA).

“Keduanya kita jerat Pasal 2 dan Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pemberantasan korupsi,” kata Kepala Subdit 111 Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulsel, AKBP Adip kepada Liputan6.com di ruang kerjanya, Kamis (14/7/2016).

Proyek yang bersumber dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tersebut terbagi dalam lima item kegiatan. Meliputi kegiatan program barang dan sumber belajar virtual (PSBV), pengadaan barang program life science untuk tingkat SMP, pengadaan barang program modul eksperimen sains untuk tingkat SD.

Lalu pengadaan barang program modul eksperimen sains untuk tingkat SMP dan pengadaan barang program modul eksperimen sains untuk tingkat SMU.

“Dari seluruh item tersebut ditemukan adanya kesalahan spesifikasi sehingga terjadi selisih harga dan menyebabkan kerugian negara,” kata Adip.

Akibat perbuatan kedua tersangka, lanjut Adip, menimbulkan kerugian negara. Berdasarkan perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel, kerugian ditaksir senilai Rp 3,6 miliar.

Baca Juga :  Pernyataan Mengejutkan dari Saksi Budi Gunawan

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button